Tebar Buku dan Inspirasi, Ini Aksi Relawan Pertamina Peduli Cilacap untuk Anak-anak SD

Tebar Buku dan Inspirasi, Ini Aksi Relawan Pertamina Peduli Cilacap untuk Anak-anak SD

Salah satu murid terima buku dari Perwira PT KPI RU IV yang tergabung dengan Relpi, Jumat 16 Juni 2023.-PT KPI RU IV Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID – Menyadari pentingnya literasi bagi anak-anak Sekolah Dasar (SD), sejumlah Perwira PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap melakukan aksi berbagi di SD N 05 Tritih Wetan, Kecamatan Jeruklegi, Jumat 16 Juni 2023. Perwira yang tergabung dalam Relawan Pertamina Peduli (Relpi) ini berbagi buku, alat tulis sekolah, paket sajadah dan kelas inpirasi.

Kegiatan bertajuk ‘Berbagi Ilmu dan Inspirasi, Tebar Buku Cilacap 2023’ tersebut diikuti siswa-siswi kelas 5. Diawali simbolis penyerahan bantuan buku sekitar 600 eksemplar, alat tulis sekolah serta 4 paket sajadah untuk musholla di komplek sekolah. 

Koordinator Relpi, Anton Wibowo menjelaskan Tebar Buku menjadi salah satu cara Perwira memanfaatkan kembali buku-buku fiksi maupun non fiksi milik keluarga Pertamina.

"Sebelumnya kami sudah membuka donasi buku-buku jenis apapun yang masih bisa dimanfaatkan ulang. Setelah disortir, dibagikan pada kesempatan Tebar Buku hari ini. Ini akan menjadi program rutin Relpi," ujarnya.

Sedangkan di kelas inspirasi, Anton selama 1 jam berbagi pengetahuan seputar operasional perusahaan PT KPI sebagai penyedia energi, diselingi permainan dan sesi merangsang anak-anak berani menulis mimpi dan cita-cita. 

"Kami menantang anak-anak menulis cita-cita mereka di selembar kertas dan ditempel. Ini akan menjadi kenangan tak terlupakan seraya berharap cita-cita mereka benar-benar menjadi nyata," ungkapnya.

Anton berharap, kegiatan satu hari ini memberikan manfaat untuk anak-anak dan pihak sekolah.

"Tentu harapan kita semua, apa yang kami bagikan baik bantuan fisik maupun kelas inspirasi juga memberikan inspirasi untuk anak didik sekolah ini. Membuka wawasan dan pemahaman baru yang belum pernah didapatkan," imbuhnya.

Rafiq Ardiansyah, salah seorang siswa kelas 5 mengaku sangat senang mendapatkan ilmu baru dari Relpi. 

"Terimakasih atas ilmunya. Saya juga jadi berani menuliskan cita-cita saya, semoga di lain waktu bisa bertemu lagi," tuturnya. 

Kepala SD N 05 Tritih Wetan, Rasimin menyambut antusias kegiatan Relpi yang disebutnya sangat bermanfaat untuk anak-anak.

"Kami bangga dan mengapresiasi para relawan dari Pertamina Cilacap ini. Di sela-sela kesibukan mereka, masih menyempatkan diri berbagi ilmu, berbagi wawasan untuk anak didik kami," ucapnya.(*/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: