Kuatkan Karakter Pancasila, Pelajar Purbalingga Digembleng dalam Pancasila Youth Camp

Kuatkan Karakter Pancasila, Pelajar Purbalingga Digembleng dalam Pancasila Youth Camp

Pelaksanaan Pancasila Youth Camp di objek wisata Goa Lawa Purbalingga, 15-16 Juni 2023. (ADITYA/RADARMAS)--

PURBALINGGA, RADAR BANYUMAS - Kuatkan karakter dan ideologi Pancasila pelajar di Kabupaten Purbalingga. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga gelar Pancasila Youth Camp di objek wisata Goa Lawa Purbalingga, 15-16 Juni 2023.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga, Wasis Abadi mengatakan, kegiatan dilaksanakan untuk menguatkan pondasi ideologi Pancasila bagi para generasi muda.

"Pemuda yang memiliki prinsip Pancasila juga harus berperadaban global dengan Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, red)," ujarnya.

Dia menjelaskan, pemuda yang memegang teguh Pancasila juga harus mengejawantahkan pada luasnya pengetahuan Iptek .

"Tantangan global yang sudah di depan harus berselimut Pancasila. Sehingga peradaban Indonesia akan tetap mempunyai jati dirinya," jelasnya.

Pemateri dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Purbalingga Tarsito mengatakan, nilai yang terkandung dalam Pancasila bisa menjadi penjaga pelajar dari pengaruh buruk apapun. Termasuk diantaranya adalah pengaruh buruk narkoba.

Sementara itu, keguatan diikuti sekitar pelajar tingkat SMA/sederajat di Kabupaten Purbalingga.

Kegiatan Pancasila Youth Camp edisi kedua tersebut diisi dengan kegiatan. Diantaranya seperti penyuluhan anti narkoba, pendidikan seks dan lain sebagainya.

Kegiatan juga dihadiri langsung oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, serta jajaran pejabat di lingkungan Pemkab Purbalingga. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: