16 Ribu Blanko Ijazah RA, MI dan MTs Dibagikan Bertahap

16 Ribu Blanko Ijazah RA, MI dan MTs Dibagikan Bertahap

Selasa ini (13/6), blanko ijazah MTs untuk 57 madrasah dibagikan.-Yudha Iman Primadi/Radarmas-

PURWOKERTO - Sebanyak 16 ribu Blanko ijazah RA, MI dan MTs mulai dibagikan bertahap, Selasa ini (13/6) . Dimulai dari jenjang MTs, sebanyak lima ribuan Blanko ijazah dibagi pada 57 MTs negeri dan swasta.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Dr H Ibnu Asaddudin, SAg MPd melalui Kasi Pendidikan Madrasah, H Edi Sungkowo mengatakan setelah blanko ijazah MTs dibagi Selasa ini (13/6) untuk MI dijadwalkan Kamis (15/6) dan untuk RA (16/6).

Yang pertama harus dilakukan saat menerima blanko ijazah, sebelum menulis penulis ijazah wajib menghitung dan mengecek blanko ijazah dari kerusakan.

"Yang harus dicermati terkait nilai. Jangan sampai tertukar. Nama ijazah juga jangan disingkat-singkat," katanya.

BACA JUGA: Penerimaan Siswa Baru SMAN Cilongok Tunggu SOP

Selanjutnya untuk madrasah dengan telah dibagikannya blanko ijazah yang tahun ini bisa lebih cepat, pesannya tidak terlalu lama menyimpan ijazah.

Pernah terjadi siswa yang meminta surat keterangan kehilangan ijazah ke Seksi Pendidikan Madrasah setelah ditindaklanjuti ternyata yang bersangkutan belum sempat menerima ijazah. Artinya ijazah hilang saat disimpan di madrasah.

"Untuk menyimpan ijazah disimpan seperti kita menyimpan surat-surat berharga. Bisa di brankas atau tempat penyimpanan lain yang terjamin keamanannya," ingat Edi.

BACA JUGA: Pelantikan Kades Baru Pancasan Paling Lambat 20 Juni

Diungkapkannya blanko ijazah untuk RA, MI dan MTs sudah tersedia sejak dua bulan yang lalu sebagai bentuk peningkatan pelayanan Kemenag khususnya Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan madrasah.

Hanya dengan berbagai pertimbangan blanko tetap wajib dibagi usai pengumuman kelulusan peserta didik.

"Jadi belum boleh dibagikan sebelum adanya pengumuman kelulusan peserta didik," pungkas Edi. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: