Pangkas Jarak 1,5 Km, Dibangun Jembatan di Sungai Sikompol

Pangkas Jarak 1,5 Km, Dibangun Jembatan di Sungai Sikompol

Pembangunan jembatan sepanjang delapan meter di atas Sungai Sikompol secara swadaya, Senin (12/6) siang di gerumbul Lampeng Desa Tanggeran-SARWONO UNTUK RADARMAS-

BANYUMAS-Sudah sejak lama warga gerumbul Lampeng Desa Tanggeran Kecamatan Somagede terutama tiga wilayah RT memimpikan pembangunan jembatan di Sungai Sikompol.

Keberadaan jembatan dinilai penting oleh warga. Antara lain membuka jalur ekonomi. Petani tidak lagi kesulitan ketika mobilitas ke areal persawahan termasuk dalam mengangkut hasil pertanian.

"Warga selama ini harus memutar kurang lebih 1,5 kilometer jauhnya dengan kondisi jalan masih tanah," jelas warga setempat Sarwono, Senin (12/6).

Selain itu, ketika ada warga yang meninggal dunia. Jarak tempuh ke tempat pemakaman umum menjadi lebih dekat. Tidak harus memutar lagi dengan adanya jembatan.

BACA JUGA: Tindaklanjuti Kondisi Jalan Nasional Lumbir Banyumas, PPK PJN 1.5 Lakukan Penanganan Darurat

Pembangunan jembatan dengan panjang delapan meter itu merupakan aksi nekat warga. Lantaran sudah tak sabar menunggu sekian lama, warga memilih melakukan swadaya.

"Ada donatur yang rela menjual tanahnya untuk membangun jembatan," imbuh Sarwono.

Sementara itu, warga berpartisipasi menyumbangkan tenaga bergotong royong membangun jembatan. Sedangkan untuk upah tukang dibayar oleh donatur, Jio.

Tiga RT yang nantinya mengakses jembatan yaitu 6, 7 dan 8 di wilayah RW 1 gerumbul Lampeng. Jembatan memangkas jarak tempuh warga dalam beraktivitas.

Selain itu, warga sebelumnya telah membangun jalan tanah dengan tatanan batu sepanjang 500 meter ke arah makam. Juga dilakukan secara swadaya murni. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: