237 Calhaj Purbalingga Lansia, Tertua 92 Tahun, Ini Penjelasannya

237 Calhaj Purbalingga Lansia, Tertua 92 Tahun, Ini Penjelasannya

Kasi PHU Kemenag Purbalingga, Ani Mufarokhakh SAg.-DINKOMINFO PURBALINGGA UNTUK RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Kantor Kementerian Agama Kabupaten PURBALINGGA merilis data terbaru ada 610 calon jemaah haji (Calhaj) asal PURBALINGGA. Sebanyak 237 Calhaj masuk kategori lanjut usia, dengan usia paling tua 92 tahun.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Ani Mufarokhakh SAg, Rabu 7 Juni 2023 menjelaskan, rombongan calon jemaah haji Purbalingga tahun ini didominasi lansia.

“Terdapat 7 lansia prioritas (usia di atas 85 tahun), dan 28 jemaah yang harus dibantu menggunakan kursi roda,” rincinya.

Lebih lanjut dijelaskan, akan ada panitia khusus yang bertanggung jawab  untuk mendampingi jemaah lansia. Sejak kedatangan di embarkasi sampai berangkat ke bandara. Begitupun saat sampai ke Arab Saudi sudah ada petugas khusus.

BACA JUGA: Dua Calhaj Cadangan Asal Purbalingga Mundur, Ini Penyebabnya

“Kita tidak mungkin mengandalkan para petugas saja. Kami menghimbau teman-teman serombongan diminta keikhlasannya untuk membantu jemaah lansia yang membutuhkan bantuan pada saat pelaksanaan ibadah. Harapan kami semuanya bisa bersinergi bersama, sehingga bisa melaksanakan ibadah dengan aman dan nyaman," tambahnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Purbalingga, Heru Sri Wibowo, menjelaskan, calhaj Kabupaten Purbalingga terbagi dalam 2 kelompok terbang (Kloter).

Masing- masing 71, jemaah harus sudah sampai di Embarkasi  Donohudan Solo pada Selasa 13 Juni 2023 Pukul 06.00 WIB. Sehingga para jemaah berkumpul di Pendapa Dipokusumo pada Senin 12 Juni 2023 pukul 23.00 WIB.

Kemudian kloter 72, Jemaah harus sudah sampai di Embarkasi  Donohudan Solo pada Selasa, 13 Juni 2023 Pukul 09.00 WIB. Sehingga berangkat dari Purbalingga pukul 02.00 pada hari yang sama. (amr)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: