Potensi Longsor Tinggi, Desa Kracak Alokasikan Dana Desa Untuk Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana

Potensi Longsor Tinggi, Desa Kracak Alokasikan Dana Desa Untuk Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana

Berjalannya pelatihan kesiapsiagaan bencana dari Dana Desa di Desa Kracak, Ajibarang, Rabu (7/6).-Yudha Iman Primadi/Radarmas-

BANYUMAS - Pemerintah Desa Kracak mengalokasikan Dana Desa untuk pelatihan kesiapsiagaan bencana para anggota Perlindungan Masyarakat (linmas), Rabu (7/6) ini. Dalam pelatihan tersebut, pihak desa bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas 

Kepala Desa Kracak, Darsito, SKom mengatakan, pelatihan kesiapsiagaan bencana murni dilaksanakan dengan alokasi Dana Desa. Perlu diketahui Desa Kracak memiliki potensi banjir, longsor dan angin kencang. Seperti tahun lalu, jumlah titik longsor di Desa Kracak mencapai puluhan titik.

"Sampai empat puluh titik," katanya membuka pelatihan.

BACA JUGA: Pabrik Pengolahan Serbuk Kayu di Jatilawang, Banyumas Terbakar, Pemilik Rugi Rp 20 Juta

Darsito menjelaskan selain diberi pembekalan materi oleh Camat Ajibarang dan BPBD Banyumas, peserta pelatihan juga diberikan seragam. Berbeda dengan tahun dimana tidak ada pemberian seragam kepada linmas terkait penanganan kebencanaan.

"Tahun lalu masih banyak terserap untuk Covid-19," terang dia.

Selain tanah longsor, dirinya juga mengungkapkan bencana yang perlu diwaspadai masyarakat yaitu banjir. Harapannya melalui pelatihan kesiapsiagaan bencana, linmas dapat semakin siap dalam membantu masyarakat Desa Kracak yang terdampak bencana.

"Bekerjasama dengan BPBD Banyumas, linmas kami bekali pelatihan-pelatihan kesiapsiagaan bencana," pungkas Kades. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: