Penyusunan SK Jalan Lingkungan di Banyumas Masih Proses Validasi

Penyusunan SK Jalan Lingkungan di Banyumas Masih Proses Validasi

VALIDASI JALAN : Tim Dinperkim Kabupaten Banyumas melakukan validasi jalan lingkungan di Kecamatan Sokaraja beberapa waktu lalu.-Dinperkim untuk Radar Banyumas -

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID  - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dinperkim) Kabupaten Banyumas mentargetkan Agustus mendatang, SK jalan lingkungan terbaru selesai disusun. Mengacu data terbaru, total ada 820,88 kilometer (km) jalan lingkungan di Kabupaten Banyumas. Dan saat ini sedang dilakukan validasi jalan lingkungan. 

"Kita sedang validasi lagi. Dengan divalidasi, kemungkinan panjang lingkungan yang ada bisa berkurang atau bertambah," kata Kabid Pengembangan Permukiman Dinperkim Kabupaten Banyumas Sudarsono.

Sudarsono menuturkan, jalan lingkungan merupakan jalan yang menghubungkan jalan lokal atau jalan kabupaten dengan jalan permukiman dengan lebar minimal 3,5 meter. 

BACA JUGA:Tahanan di Purwokerto Tewas Diduga Dianiaya Oknum, Ditangkap Sehat Bugar, Dipulangkan Dengan Kondisi Luka

"Kita juga lakukan validasi dan pemetaan jalan lingkungan sekunder, agar sesuai dengan standar jalan lingkungan. Kita mulai Mei, dan ditarget rampung Juli nanti," paparnya. 

Lebih Lanjut dikatakan, penyusunan SK jalan lingkungan dilakukan agar tidak terjadi tumpang tindih penanganan jalan. 

"Agar penanganan sesuai dengan kewenangan masing-masing dinas. Kalau kami menangani jalan lingkungan sekunder," paparnya.  

Menurutnya, SK jalan lingkungan idealnya diperbarui secara berkala setiap satu tahun sekali dengan tetap memperhatikan kebijakan terbaru. 

"Outputnya nanti berupa peraturan bupati mengenai kewenangan jalan lingkungan sekunder," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: