Bupati Banyumas Ajak Masyarakat Gali Potensi Desa Saat Upacara Hari Lahir Pancasila

Bupati Banyumas Ajak Masyarakat Gali Potensi Desa Saat Upacara Hari Lahir Pancasila

Bupati Banyumas ir Achmad Husein saat memimpin Upacara Hari. Foto Humas Pemkab Banyumas--

PURWOKERTO - Bupati Banyumas Ir Achmad Husein mengajak masyarakat untuk menggali potensi yang ada di desa. Hal itu disampaikannya saat memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di Pelataran Pendopo Si Panji, Rabu (1/6). 

Menggali potensi desa yang dimaksudkan itu, sebagai salah satu upaya dalam menggali jati diri bangsa serta sebagai alat pemersatu.

"Tahun 2016 silam, Presiden Joko Widodo telah menetapkan 1 Juni sebagai hari kelahiran Pancasila. Itu agar kita tidak kehilangan sejarah," katanya saat membacakan pidato Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. 

Desa-desa, lanjut dia, kini mulai menggali sejarahnya masing-masing. Yang pada ujungnya adalah melahirkan narasi yang memperkuat mental sekaligus optimisme warga.

"Dengan narasi dan optimisme itu, orang-orang desa tidak perlu lagi merantau karena mencari nafkah di kampung halaman sudah melimpah," ujar dia. 

Maka, Ia menghimbau kepada masyarakat dan segala elemen di desa agar bersama-sama menggali sejarah desa agar jadi pintu masuk kemakmuran untuk semua. Tentunya, juga melibatkan para tetua dan pemuda di desanya. 

"Undang perguruan tinggi, minta bantuan sama Kabupaten atau Provinsi. Lakukan dengan gotong-royong, karena itulah spirit hidup bernegara kita," tuturnya. 

Menurutnya, dengan cara itulah, seperti halnya rancangan pembangunan yang dicita-citakan founding fathers republik ini. "Agar kita semua saling bahu-membahu, saling memeras keringat bersama-sama antara yang tua dengan yang muda, antara yang kaya dengan yang tidak punya, antara pemerintah pusat sampai desa," katanya. 

Dia tuturkan, pembangunan melalui jalan persatuan itulah arti sesungguhnya gotong-royong. Tidak memandang suku, ras, agama maupun golongan. 

Dalam upacara tersebut, diikuti oleh Forkompimda Banyumas, perwakilan ASN di lingkungan Setda Banyumas, TNI/Polri, Organisasi Masyarakat serta perwakilan pelajar Sekolah Menengah Atas di Purwokerto. (mhd) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: