Bangunan Balai Desa Kembangan Telan Anggaran Hinga Rp 600 Juta

Bangunan Balai Desa Kembangan Telan Anggaran Hinga Rp 600 Juta

Megah : Bangunan Kantor Desa Kembangan Bukateja usai diresmikan Bupati Tiwi, Senin 29 Mei 2023.-Prokopim Setda Purbalingga untuk Radarmas.-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID - Pemerintah Desa Kembangan Kecamatan Bukateja, Senin 29 Mei 2023 menjadi lokasi Gebrak Gotong Royong Bupati Purbalingga. Pada kesempatan itu, Kades Kembangan Lasmono mengungkapkan jika pembangunan fisik balai/Kantor Desa Kembangan yang baru telah menelan anggaran hingga Rp 600 juta.

"Balai Desa ini kami bangun dengan anggaran sekitar Rp 600 juta menggunakan dana Pendapatan Asli Desa (PADes), Bantuan BKK senilai Rp 100 juta dari Pemkab Purbalingga, bantuan Provinsi Jawa Tengah, dan aspirasi dari anggota legislatif," paparnya.

Ada ruang kantor, aula, dan kelengkapan lain. Sebelumnya gedung balai desa menempati lahan di sebelah barat gedung saat ini.

Pemerintah Desa Kembangan juga menganggarkan dana untuk sektor lainnya, seperti pertanian, sosial dan ekonomi. Salah satunya mengupayakan adanya pembangunan saluran irigasi di desa tersebut.

"Anggaran pembangunan saluran irigasi persawahan bersumber dari Dana Desa Tahun anggaran 2023 sejumlah Rp 174.734.000, dibangun di area sawah blok 13 Desa  Kembangan sepanjang 160 meter, dan difungsikan untuk mengairi persawahan yang ada disekitar," rincinya ketika sambutan dihadapan Bupati Dyah Hayuning Pratiwi.

Selain pembangunan saluran irigasi, pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan warganya menerima bantuan Rehab RTLH senilai Rp 17.500.000 yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Tengah, 10 sak semen dari Dinrumkim Purbalingga, dan 10 sak semen dari Kecamatan Bukateja. 

Bupati Purbalingga juga memberikan bantuan sembako, bibit ikan, bibit cabai, bibit padi, kursi roda, PMT ibu hamil, dan PMT balita, dan penanaman bibit pohon.

Mitriah (54) Warga Desa Kembangan RT 3 RW 2 merasa bersyukur dirinya menerima bantuan RTLH. "Saya sehari-hari bekerja serabutan, terimakasih saya menerima bantuan RTLH," ungkapnya. (amr)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: