SK Jalan Kabupaten Ditarget Rampung Agustus

SK Jalan Kabupaten Ditarget Rampung Agustus

Ilustrasi jalan Kabupaten, Jalan Bung Karno salah satu jalan Kabupaten (26/5/2023).-Foto Dimas Prabowo / Radar Banyumas -

PURWOKERTO - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Banyumas, saat ini tengah menyusun SK jalan kabupaten tahun 2023. Penyusunan jalan tersebut ditargetkan rampung Agustus nanti. 

"Rekap Fungsi Ruas Jalan yang sudah ditetapkan di Kabupaten Banyumas oleh Gubernur 4.055,08 km," kata Subkoordinator Pembangunan Jalan DPU Kabupaten Banyumas Rusli Kurnia. 

Rusli menuturkan, dari fungsi jalan tersebut nantinya akan dikelompokkan menjadi status jalan, baik kabupaten atau lingkungan. 

"Masuk usulan sampai 3000 lebih km. Nanti dibagi menjadi jalan kabupaten kewenangan PU, dan jalan lingkungan yang jadi kewenangan perkim," ujarnya. 

Ia menambahkan, saat ini untuk penyusunan SK jalan masih berproses pada penyusunan desk sesuai dengan kewenangan masing-masing. 

"Tahun 2016 itu ada 1.508 km ruas jalan kabupaten. Tahun ini dimungkinkan berkurang, karena ada beberapa ruas jalan kabupaten yang diambil alih provinsi, dan menjadi jalan lingkungan," terangnya. 

Sementara itu Kabid Pengembangan Permukiman SudarsonoDinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dinperkim) Kabupaten Banyumas, mengatakan, total ada 9.905 ruas jalan yang diusulkan menjadi jalan lingkungan tahun ini. 

"Dibedakan antara jalan kabupaten dan jalan lingkungan, agar tidak terjadi tumpang tindih kewenangan," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: