Siasati Jam Rawan Pemberangkatan, Kamar Tidur Calon Haji Diusulkan di GOR Satria

Siasati Jam Rawan Pemberangkatan, Kamar Tidur Calon Haji Diusulkan di GOR Satria

Kementerian Agama Kabupaten Banyumas mengusulkan kepada Bupati agar tahun ini disiapkan kamar tidur di GOR Satria bagi jemaah haji yang diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan pada jam rawan.-Yudha Iman Primadi/Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Banyumas mengusulkan kepada Bupati Banyumas, agar di GOR Satria dapat disiapkan kamar tidur bagi jemaah yang diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan pada jam rawan, seperti pukul 02.00 WIB dini hari.

Kepala Kankemenag Kabupaten Banyumas, Dr H Ibnu Asaduddin, SAg, MPd menyampaikan, agar seluruh calon haji ASN Kankemenag Banyumas meningkatkan semangat beribadah.

Apalagi menurut informasi, hotel jemaah Haji Banyumas tahun ini lebih jauh dari Masjidil Haram dibandingkan tahun lalu. Tahun lalu untuk hotel jemaah Haji Banyumas di wilayah kota.

BACA JUGA:Umat Hindu Rayakan Hari Suci Saraswati

"Oleh karena itu tingkatkan semangat beribadah. Ibadah bisa di Masjidil Haram atau masjid hotel. Semangat dulu tentu berpengaruh pada kesehatan," katanya saat pelepasan 35 petugas dan calon haji keluarga besar Kankemenag Banyumas, Jumat (19/5) sore.

Ibnu melanjutkan, agar jemaah selalu memelihara kesehatan. Komunikasinya dengan Bupati, jika ada pemberangkatan calon haji ke Asrama Haji Donohudan dari GOR Satria pada jam-jam rawan seperti saat tengah malam, berpotensi menyebabkan jemaah kurang bisa istirahat di rumah. Sehingga berpengaruh terhadap tingginya tensi jemaah saat sampai di Donohudan.

"Diusulkan agar di GOR Satria bisa disiapkan kamar tidur, dengan begitu mau tidak mau sebelum diberangkatkan ke Donohudan, jemaah bisa menyempatkan waktu untuk tidur," ujarnya.

BACA JUGA:Penderes Kelapa di Desa Sambirata Tersisa Hitungan Jari

Data dari Surat Panggilan Masuk Asrama (SPMA) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter Embarkasi Solo tahun 1444H/2023M, jika ditarik maju 10 jam sebelum jam masuk Donohudan maka pemberangkatan calon haji dari GOR Satria untuk kloter 72 pukul 06.00 WIB, kloter 73 pukul 10.00 WIB, kloter 74 juga pukul 06.00 WIB, kloter 75 sama dengan kloter 73 pukul 10.00 WIB dan untuk kloter 76 pukul 19.00 WIB.

"Jika jemaah Banyumas tensinya tinggi bisa tidak tercapai mangkat bareng bali bareng. Biasanya jika ada jemaah yang tensinya tinggi tidak turun-turun maka diberangkatkan dengan kloter dibelakangnya," terangnya.

Adapun penyiapan kamar tidur di titik pemberangkatan calon haji ke Asrama Haji Donohudan bagi jemaah yang berangkat di jam rawan telah diterapkannya tahun lalu di Kabupaten Kebumen. Dari Bupati Kebumen sepakat, sehingga calon haji Kebumen yang berangkat dari Kebumen pada jam rawan sudah berada di Aula Sekda Kebumen sejak waktu Isya.

BACA JUGA:Awas! Ini Gangguan Kesehatan Saat Pancaroba ke Kemarau, Ini Pesan Dinkes

Jika di Banyumas tidak ada penyiapan kamar tidur bagi calon haji yang berangkat pada jam rawan, maka jemaah harus pandai mengatur diri untuk istirahat sejak masih berada di rumah.

"Maka peliharalah kesehatan," pungkas Kepala Kantor. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: