Dinhub Dorong Kajian Jalan Alternatif Ke Gor Satria dari Jalan Dr Soeparno

Dinhub Dorong Kajian Jalan Alternatif Ke Gor Satria dari Jalan Dr Soeparno

Ilustrasi : Ribuan pencari kerja menyerbu kegiatan job fair 2022 di GOR satria, Selasa (29/11). Ahmad Erwin / Radarmas----

PURWOKERTO  - Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas Agus Sriyono, memandang perlu dilakukan kajian terkait jalur alternatif menuju Gor Satria. Selain itu penambahan fasilitas parkir di Gor Satria ia nilai juga perlu mulai untuk dipikirkan. 

"Tidak ada jalan lagi, karena pintu masuk hanya dari situ. Perlu ada kajian. Di belakang gor bisa ada akses menuju jalan Soeparno," kata dia. 

Agus menuturkan, dengan melihat berbagai event yang diselenggarakan di Gor Satria baik dari mulai level provinsi hingga nasional perlu disiapkan jalur alternatif menuju Gor Satria.  Ke depan ia menyampaikan, akan semakin banyak event yang akan digelar di Gor Satria.

"Sebagaimana acara yang baru digelar Jumat sampai Minggu kemarin, bursa UMKM dan Jawa Tengah bersholawat tertumpu di Jalan Soeharso. Sehingga harus dilakukan pengalihan arus lalu lintas di sekitar Gor Satria hingga dilakukan penutupan, hal ini dilakukan karnea belum ada jalan alternatif menuju Gor Satria selain melalui Jalan Soeharso," terangnya. 

Menurutnya untuk jalur alternatif bisa dibangun dari belakang Gor menuju Jalan Soeparno. Hal itu perlu kajian terhadap pengguna lahan yang ada terkait peruntukannya. 

"Area parkir juga harus dipikirkan dan dipersiapkan. Tambahan ruang parkir harus representatif, sehingga nanti bisa menjadi multifungsi pada event tiket nasional. Saat ini begitu ada event masih menggunakan rumah warga untuk parkir," tuturnya. 

Lanjut, kebutuhan jalur alternatif yang ada sekitar 200 sampai 300 meter. Dengan adanya jalur alternatif maka akan menjadikan pengaturan lalu lintas menjadi lebih fleksibel.

"Agar tidak dilakukan penutupan secara total di dua Simpang yaitu Simpang Aston dan Gor, setiap hari Minggu ada pasar minggon yang juga harus menutup sebagian arah arus lalu lintas di Jalan Soeharso," tuturnya. 

Dengan adanya jalur alternatif menurutnya juga bisa menjadi spot kuliner baru di kawasan Gor Satria. Dan bisa menjadi tempat rekreasi dan olahraga baru di sisi Utara Gor Satria. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: