Penjual Sayur Keliling di Sikanco Bayar Pajak Kendaraan Pakai Uang Receh

Penjual Sayur Keliling di Sikanco Bayar Pajak Kendaraan Pakai Uang Receh

Petugas Samsat Budiman menghitung uang receh yang dibayarkan Ahmad Sodik, Kamis 4 Mei 2023-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Ahmad Sodik, seorang pedagang sayur keliling di Kecamatan Nusawungu, membayar pajak kendaraan dengan menggunakan uang receh di Kantor Samsat Budiman Desa Sikanco, Kecamatan Nusawungu, Kamis 4 Mei 2023.

Uang recehan sebesar Rp 250 ribu itu, merupakan hasil tabungannya selama satu tahun. Saat ditanya Radarmas, Ahmad Sodik mengaku, ia ingin menjadi inspirasi masyarakat agar taat membayar pajak kendaraan, meski dengan menggunakan uang receh. 

"Uang receh ini dari jualan sayuran keliling. Kalau ada sisa uang receh pecahan 500 perak atau seribu, saya kantongi untuk dikumpulkan. Biasanya sehari Rp 10 ribu," kata Ahmad. 

Menurutnya, dia tidak memiliki motivasi khusus dengan membayar pajak kendaraan tersebut dengan menggunakan uang receh. Hanya saja, hal tersebut merupakan bentuk sindiran kepada masyarakat mampu yang tidak membayar pajak. 

"Saya ingin memotivasi masyarakat di luar sana supaya taat membayar pajak," kata dia.

Kepala Desa Sikanco, Kecamatan Nusawungu, Wartoyo mengatakan, Samsat Budiman merupakan rintisan dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sikanco. Samsat tersebut berdiri sejak November 2022 lalu. 

"Samsat Budiman ini merupakan yang terbaik se Jawa Tengah. Tentunya dengan adanya masyarakat yang taat bayar pajak ini, dapat menjadikan motivasi bagi seluruh masyarakat untuk taat pajak, pasalnya hasil pajak dari masyarakat akan dikembalikanagi ke masyarakat," Kata Wartoyo.

Tidak hanya melayani warga Cilacap saja, namun Samsat Budiman ini, dapat melayani pembayaran pajak kendaraan di seluruh Jawa Tengah. Untuk itu, masyarakat yang jauh dari pusat kota, dapat membayar pajak di Samsat tersebut.

Sementara itu, Kepala UPPD Samsat Kabupaten Cilacap, Alimin Suprayitno melalui Kasi Pajak UPPD Cilacap, Yudo Firstyono mengatakan, pihaknya pun mengapresiasi cara Ahmad Sodik membayar pajak kendaraan. 

"Dia ini merupakan pahlawan pembangunan. Karena disaat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah menurun, ini merupakan salah satu contoh yang sangat luar biasa, dan menjadi ikhtiar masyarakat membantu Pemerintah Provinsi dalam pendapatan pajak. Karena pendapatan pajak ini akan masuk ke Pemkab Cilacap," katanya.

Dikatakan Yudo, pihaknya pun mempersiapkan masyarakat untuk membayar pajak kendaraan dengan menggunakan uang receh. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: