Kenali Gejala Asam Lambung pada Bumil, Begini Cara Mengatasi dan Mengobatinya

Kenali Gejala Asam Lambung pada Bumil, Begini Cara Mengatasi dan Mengobatinya

dr Anton Prihandana, Sp.OG memeriksa kandungan pada pasien ibu hamil --

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Ibu hamil (Bumil) memiliki resiko mengalami asam lambung. Ada beberapa penyebabnya yang harus diketahui. 

Menurut dr Anton Prihandana, Sp.OG, penyebab asam lambung pada ibu hamil ada beberapa faktor, meliputi perubahan hormonal, sehingga asam lambung mudah naik ke tenggorokan. 

Selain itu penyebab kedua yaitu pertumbuhan janin yang semakin besar, membuat lambung semakin tertekan, menyebabkan isi lambung terdorong ke atas. 

"Kemudian penyebab ketiga jika Bumil memiliki riwayat penyakit lambung seperti dispepsia atau gerd,itu bisa kambuh ketika sedang hamil," kata Dokter yang sudah sangat terkenal di daerah Jawa Tengah,khususnya di Purwokerto, Banjarnegara, Cilacap, Purbalingga, dan Banyumas. 

Adapun gejala dari asam lambung pada Bumil juga perlu diketahui sehingga bisa segera mendapat penanganan. 

"gejala yang kerap dialami seperti sering bersendawa, dada nyeri, sesak bahkan sampai batuk, serta merasa mual dan ingin muntah," ujar Dokter Spesialis Kandungan yang terkenal karena keramahtamahannya kepada pasien, dan tidak heran pasien yang datang dari beberapa kota di luar Purwokerto. 

Untuk melakukan pengobatan, terlebih dahulu diperhatikan penyebabnya. Dan selanjutnya bisa diberikan obat-obatan seperti ranitidin, omeprazole, dan antasida. 

"Untuk pilihan dan pengobatannya, sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokter terkait, dan pastikan obatnya aman untuk bayi dalam kandungan," terang dokter yang saat ini praktek di RS Bunda Purwokerto ini.

Bagi Bumil yang memiliki riwayat asam lambung, ada cara mengatasinya. Ketika makan, perlahan-lahan. Dalam sekali makan bisa dengan porsi sedikit tetapi sering. 

Selain itu juga hindari makanan yang pedas, digoreng, dan berlemak. Selama hamil juga tidak diperbolehkan merokok dan minum alkohol. 

"Setelah makan jangan langsung berbaring," pungkas dokter yang juga terkenal karena hasil pemeriksaan USG 4D yang sangat jelas dan terperinci ini (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: