Sampai Awal April 2.789 Izin Diterbitkan di MPP, Ini Dominasinya

Sampai Awal April 2.789 Izin Diterbitkan di MPP, Ini Dominasinya

Pelayanan : MPP saat memberikan pelayanan sehari-hari dengan jumlah ratusan program layanan.-AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Sejak Januari 2023 sampai awal April ini, total sebanyak 2.789 izin diterbitkan melalui Mal Pelayanan Publik (MPP) Purbalingga. Terdiri dari perizinan berusaha dan non berusaha. Ribuan izin terbit itu masih di dominasi Nomor Induk Berusaha (NIB).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Purbalingga, M Umar Faozi menjelaskan, 1.630 NIB sudah terbit. Disusul izin reklame 451, izin praktik perawat 114 dan izin praktik bidan 104. 

"Perizinan lainnya seperti IMB atau saat ini dikenal dengan Persetujuan Bangunan dan Gedung (PBG), izin kesesuaian ruang, dan lainnya," rinci Umar, Jumat 28 April 2023.

Perizinan lain lebih sedikit karena tahapannya di pemberkasan cukup panjang dan melalui beberapa OPD. Namun pada prinsipnya kesadaran mengurus izin semakin baik.

"Kalau pelayanan harian yang cukup banyak masyarakat mengurus kartu pencari kerja, paspor dan izin berusaha," tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan, dominasi masih di NIB karena rata-rata usaha kecil, sedang, menengah dan besar NIB sebagai dasar mengurus izin lainnya.

"Misalnya akan mengurus PBG/IMB, dan beberapa izin lain, harus memiliki NIB," tegasnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: