Kantor Samsat Membeludak Usai Libur Lebaran

Kantor Samsat Membeludak Usai Libur Lebaran

Wajib pajak memadati ruang tunggu Samsat Purbalingga.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Usai libur Idul Fitri 1444 H atau Lebaran 2023, Samsat PURBALINGGA "dibanjiri" wajib pajak, Rabu, 26 April 2023. Hal disebabkan karena pelayanan Samsat sempat tutup selama cuti libur Lebaran 2023.

Banyaknya wajib pajak pada hari pertama kerja pasca libur Lebaran tersebut, diakui oleh Kasatlantas Polres Purbalingga AKP Mia Novrila Savitry melalui Kanit Reg Iden Iptu Tri Haryanto.

"Mengantisipasi membeludaknya wajib pajak yang membayar pajak ke Samsat, kami membuka loket tambahan untuk pajak tahunan di belakang," katanya.

Selama libur Lebaran Samsat menurutnya full tidak ada pelayanan. Sehingga, wajib pajak "membanjiri" Samsat pada hari pertama kerja pasca libur lebaran.

Meski demikian, diakui olehnya lonjakan wajib pajak tidak seperti hari pertama pasca libur lebaran tahun lalu. Sebab, masih ada wajib pajak yang menunda membayar pajak, karena adanya kebijakan penghapusan denda pajak.

"Saat ini, kondisi akhir bulan dan wajib pajak baru merayakan lebaran. Sehingga, kemungkinan wajib pajak memilih menunda membayar pajak. Apalagi, ada pemutihan denda pajak," jelasnya.

Hal serupa juga terjadi di Satpas SIM. Meski ada peningkatan jumlah pemohon SIM, tidak terjadi antrean yang panjang.

Sebab, pelayanan SIM tetap buka pada libur lebaran. "Kami hanya tutup pada tanggal merah saja. Saat libur cuti bersama kami tetap buka," ujarnya.

Berdasarkan pantauan Radarmas di Satpas SIM, meski ada lonjakan pemohon SIM, tidak terjadi antrean panjang.

Begitu juga di Samsat, meski ada peningkatan wajib pajak. Masih bisa terlayani sepenuhnya di loket utama. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: