Kendaran Mudik Didominasi Kendaraan Pribadi dan Travel

Kendaran Mudik Didominasi Kendaraan Pribadi dan Travel

Pantauan arus pemudik di Terminal Bukateja.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Kendaraan arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 H di Kabupaten PURBALINGGA masih didominasi kendaraan travel dan kendraan pribadi.

Diperkirakan kenaikan jumlah kendaraan yang masuk wilayah Kabupaten Purbalingga mencapai 25 persen.

Puncak jumlah kendaraan pemudik terjadi pada waktu selepas Salat Magrib hingga menjelang Salat Isya.

Hal itu disampaikan oleh salah satu petugas terminal Bukateja dibawah kendali Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Purbalingga Santosa, Senin, 17  April 2023.

"Kenaikan jumlah kendaraan yang melintas juga terjadi pukul 00.00 WaiB sampai menjelang Salat subuh," ungkapnya.

Meski sudah ada kenaikan jumlah kendaraan pemudilk. Namun, secara umum arus lalu lintas masih terpantau lancar.

Selain posko Dinhub, di terminal Bukateja juga didirikan posko dari Banser dan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Purbalingga. 

Sekretaris RAPI Purbalingga Adi Sutikno mengatakan pendirian posko bertujuan ikut membantu kelancaran para pemudik. Ada 3 posko RAPI yakni di terminal Purbalingga, Bobotsari dan Bukateja.

“Selain itu juga kami mendirikan 3 posko bayangan yakni di Linggamas, Jembatan Bokol-Sumilir dan Bayeman-Karangreja. Setiap harinya akan ada 3 sift yang bertugas, setiap sift terdiri 5-6 anggota RAPI,” ujarnya.

Sedangkan salah satu anggota Banser dari Kecamatan Kejobong, Suyono mengatakan, semoga bantuan pengamanan dari berbagai elemen masyarakat yang bersinergi dengan aparat terkait bisa membantu kelancaran arus lalu lintas. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: