Waspada Cuaca Buruk Akhir Pekan di Cilacap

Waspada Cuaca Buruk Akhir Pekan di Cilacap

Gelombang tinggi, Pantai Teluk Penyu sepi pengunjung -DOK.RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten CILACAP menghimbau masyarakat yang beraktivitas di pantai untuk waspada. Pasalnya, diprediksi gelombang tinggi akan terjadi hingga akhir pekan ini.

"Untuk masyarakat yang beraktivitas di pantai harap hati-hati, karena gelombang tinggi. Termasuk biasanya wisatawan yang akan berlibur di akhir pekan ini," kata Prakirawan BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendi Krisnawan, Jumat 14 April 2023.

Dikatakan Rendi, ketinggian gelombang di perairan selatan Cilacap mencapai 2,5 - 4,0 meter. Sedangkan untuk Samudra Hindia Cilacap mencapai 4,0 - 6,0 meter. Potensi gelombang tinggi, lanjutnya, bisa saja berlanjut sampai tanggal 15 April 2023.

"Untuk wisatawan agar tidak bermain di pantai dan tidak bermain mandi laut dulu. Karena gelombang laut yang tinggi dan berbahaya. Apalagi ketika air laut pada posisi pasang naik. Tentunya ketinggian gelombang laut akan semakin signifikan dan membahayakan," ungkapnya.

BMKG memperkirakan cuaca untuk wilayah Selatan umumnya berawan. Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara bergerak dari timur laut - timur dengan kecepatan angin berkisar 3 - 15 knot. Sedangkan di wilayah selatan, bergerak dari selatan - barat dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: