Ini Skenario Pelaksanaan Salat Idul Fitri di Alun-alun Purbalingga

Ini Skenario Pelaksanaan Salat Idul Fitri di Alun-alun Purbalingga

, Rapat : Asisten 1 Sekda saat memimpin rapat soal pelaksanaan salat idul Fitri tahun 2023.-DINKOMINFO PURBALINGGA UNTUK RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID-Pemerintah Kabupaten PURBALINGGA merumuskan dua skenario Pelaksanaan Salat Idul Fitri di Alun-Alun PURBALINGGA dalam Rapat Persiapan Takbiran dan Salat Idul Fitri tahun 1444 H / 2023 M, Kamis 13 April 2023.

“Dua skenario ini bisa jadi persiapan kita jika pemerintah pusat menetapkan hari raya idul Fitri berbeda dengan PP Muhammadiyah yang sudah menetapkan hari raya pada tanggal 21 April 2023 mendatang,” tutur Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Purbalingga, R Imam Wahyudi, Kamis 13 April 2023 saat memimpin rapat bersama MUI dan ormas Islam.

Seperti diketahui dalam Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/1.0E/2023 sudah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 2023 pada tanggal 21 April. 

"Sedangkan pemerintah akan menetapkan Hari Raya Idul Fitri setelah keputusan pada sidang isbat yang akan digelar tanggal 29 Ramadan,” tambah Imam.

Skenario pertama jika Pemerintah Pusat menetapkan Idul Fitri pada tanggal 22 April berbeda dengan Muhammadiyah maka pada tanggal 21 April pelaksanaan Sholat Idul Fitri di Alun Alun Purbalingga akan sepenuhnya dilaksanakan oleh PD Muhammadiyah dengan beberapa bantuan dari pemerintah berupa karpet dan lain sebagainya.

“Untuk tanggal 22 April, Pemerintah Purbalingga yang menjadi pelaksananya dengan Imam salat dari MUI yaitu KH Roghib Abdurrahman dan Khotib dari Kemenag,” rincinya.

Sedangkan skenario kedua jika Pemerintah Pusat menetapkan Idul Fitri pada tanggal 21 April bersamaan dengan Muhammadiyah maka Sholat Idul Fitri di Alun-Alun Purbalingga akan diadakan bersama.

Terpisah, Kepala Pelaksana  Salat Idul Fitri  Muhammadiyah Slamet Widodo menjelaskan, untuk skenario pertama nanti jika tanggal 21 sepenuhnya akan dilaksanakan oleh PD Muhammadiyah maka Sudirman SKom I akan ditunjuk menjadi Imam Sholat Idul Fitri

“Untuk petugas khatibnya H Fauzan Anwar,” jelas Slamet. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: