Potensi Kerawanan Ada Pada Perlintasan Sebidang

Potensi Kerawanan Ada Pada Perlintasan Sebidang

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS - PT KAI Purwokerto menghimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas pada jalur KA. Sebab, frekuensi perjalanan KA jelang lebaran meningkat. Termasuk juga, berhati-hati dalam melintasi perlintasan sebidang. 

Vice President Daop 5 Purwokerto, Daniel Johannes Hutabarat mengatakan potensi kerawanan kecelakaan di jalur kereta yang tertinggi ada pada perlintasan sebidang. 

"Potensi kerawanan paling tinggi adalah kecelakaan di perlintasan sebidang," kata dia. 

Menurutnya, hal itu terjadi karena masih cukup rendahnya kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas sehingga kerap terburu-buru saat melewati pelintasan.

"Tidak mengindahkan rambu-rambu peringatan yang telah terpasang dan disampaikan oleh petugas jaga," imbuhnya. 

BACA JUGA:Frekuensi Perjalanan KA Meningkat, Daop 5 Purwokerto Halau Masyarakat yang Bermain di Pinggir Rel

Di wilayah Daop 5 Purwokerto berdasarkan data per bulan Maret 2023 terdapat total 228 perlintasan sebidang baik resmi maupun tidak resmi, dimana sebanyak 146 dijaga dan 51 tidak terjaga serta sebanyak 31 titik telah ditutup.

Tahun 2022 KAI Daop 5 telah melakukan penutupan perlintasan tidak resmi sebanyak 49 perlintasan yang terdiri dari sebanyak 10 perlintasan terprogram untuk dilaksanakan penutupan dan 39 JPL perlintasan di luar program dimana 26 JPL telah ditutup dan 13 JPL perubahan status dari tidak dijaga menjadi dijaga. (mhd) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: