Hadapi Arus Mudik, Satlantas Polresta Banyumas Petakan 4 Titik Rawan Macet

Hadapi Arus Mudik, Satlantas Polresta Banyumas Petakan 4 Titik Rawan Macet

Hadapi Arus Mudik, Satlantas Polresta Banyumas Petakan 4 Titik Rawan Macet--

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Banyumas mulai memetakan titik rawan macet atau trouble spot jelang arus mudik dan balik lebaran tahun ini.

Dari hasil pemetaan, ada empat titik rawan macet yang menjadi perhatian Satlantas Polresta Banyumas, dan akan dilakukan upaya antisipasi. 

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu melalui Kasatlantas Polresta Banyumas, Kompol Bobby Anugrah Rachman mengatakan, untuk persiapan arus mudik dan balik lebaran tahun ini, pihaknya sudah melakukan pemetaaan. 

BACA JUGA:Mabuk, Cari Pacarnya Di Jembatan Merah Patikraja-Kebasen, Warga Tanjung Berakhir Dianiaya

"Pertama kita sudah memetakan daerah-daerah yang sekiranya akan menjadi trouble spot," ungkap Kasat Lantas, Sabtu (8/4). 

Di titik-titik yang di prediksi akan mengalami trouble spot itu, Kasat Lantas melanjutkan, telah disiapkan skema lalu lintas.

"Kita sudah siapkan alternatif-alternatif serta rekayasa lalu lintas yang akan kita berlakukan apabila terjadi kepadatan arus disana," sambungnya. 

Dan empat titik yang dipetakan sebagai wilayah rawan macet atau trouble spot itu, ialah Ajibarang, Patikraja, Kemranjen, dan Kalibagor. 

"Yang pertama di Ajibarang, kedua di Patikraja, ketiga di pasar Wijahan Kemranjen, dan keempat di simpang Kalibagor jadi ada empat. Ini kita sudah siapkan skema lalu rekayasa lalu lintasnya, nanti pengaturannya tergantung eskalasinya," jelasnya. 

BACA JUGA:Tabung Gas Bocor, Rumah Makan di Kawasan GOR Purwokerto Hangus Terbakar

Kemudian untuk arus mudik sendiri, menurutnya, di Banyumas tidak terlalu bermasalah di banding arus balik.

"Kalau berdasarkan analisas setiap tahunnya terkait arus mudik dan arus balik kalau untuk di Banyumas sendiri pada saat arus mudik itu tidak terlalu bermasalah, yang bermasalah itu ketika akan arus balik. Biasanya trouble spotnya di Ajibarang," paparnya. 

Dan untuk antisipasi trouble spot di Ajibarang, disiapkan dua pengalihan arus. 

"Kalau memang nanti Ajibarang itu padat, kita arahkan di dua lokasi, untuk yang mau ke arah Jakarta, nanti bisa lewat Sokaraja, Purbalingga nanti bisa lewat tol Pemalang, atau lewat jalur selatan, Lumbir, Cilacap , Taasik dan sebagainya," pungkasnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: