514 Siswa Ikuti Skrining Frambusia

514 Siswa Ikuti Skrining Frambusia

CEGAH FRAMBUSIA: Ibu guru menenangkan anak didiknya yang ketakutan saat akan diambil sempel darahnya oleh petugas medis Puskesmas Purwokerto Timur 2, di SDN Kranji 4 Purwokerto (5/4/2023). 514 pelajar ikuti skrining Frambusia untuk pencegahan dini.-Dimas Prabowo-

PURWOKERTO , RADARBANYUMAS - Sebanyak 514 siswa SD N 4 Kranji mengikuti sosialisasi dan skrining Frambusia yang dilakukan oleh Puskesmas Purwokerto Timur II, Rabu (5/4). 

Kepala Sekolah SD N 4 Kranji Widhiastuti mengatakan, kegiatan tersebut baru pertama kali dilakukan.

Ia mengatakan, untuk SD N 4 Kranji merupakan sekolah gelombang kedua untuk kegiatan tersebut. 

"Yang ikut skrining kelas 1 sampai 6. Skrining hanya satu hari. Ini kita gelombang kedua, sebelumnya sudah ada sekolah yang juga diambil sampelnya," kata dia. 

Adanya kegiatan tersebut pihaknya menyambut baik. Karena merasa terbantu dan teredukasi terkait apa itu penyakit Frambusia dan cara pencegahannya. 

"Ini senang sekali dan sangat terbantu. Apabila siswa kami ada indikasi bisa terkontrol dan ada tindak lanjutnya," ujarnya. 

Lanjut, pemeriksaan yang dilakukan tersebut ia katakan gratis. Dengan skrining yang dilakukan pihaknya berharap di Kabupaten Banyumas bisa bebas Frambusia. (aam).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: