Tak Kenal Maka Tak Bisa Mengikuti

Tak Kenal Maka Tak Bisa Mengikuti

--

Oleh: Slamet Suwarto, S. Pd, Mahasiswa S2 Pendidikan Agama Islam Unuversitas Muhammadiyah Purwokerto

KITA SERINGKALI mendengar pribahasa “tak kenal maka tak sayang”, pribahasa ini sangat bagus bagi seseorang yang ingin menyayangi. Bagaimana tidak, orang yang menyayangi pasti mengenal orang yang disayangi, baik dia mengenal fisiknya, sifatnya, atau perilakunya dalam keseharian.  Sehingga orang yang sayang kepada seseorang pasti dia akan berusaha menjaganya, mengikutinya, mempelajarinya dan lain-lain yang dia bisa terapkan pada dirinya sendiri. Di dunia ini ada orang-orang yang harus kita mengenalnya karena keistimewahannya, bahkan keistimewahan mereka sudah mendaptkan jaminan untuk masuk kedalam surga.  

Ada 10 sahabat nabi Muhammad Shallahu ‘alaihi Wasalam yang sudah mendapatkan jaminan (rekomendasi) dari Nabi Shallahu ‘alaihi Wasalam untuk masuk kedalam surga. Sudahkah kita mengenal mereka semua? jika belum, perhatikanlah hadits di bawah ini:

Dari ‘Abdurrahman bin ‘Auf radhiyallahu ‘anhu ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 “Abu Bakar di surga, ‘Umar di surga, ‘Utsman di surga, ‘Ali di surga, Thalhah di surga, Az-Zubair di surga, ‘Abdurrahman bin ‘Auf di surga, Sa’ad (bin Abi Waqqash) di surga, Sa’id (bin Zaid) di surga, Abu ‘Ubaidah bin Al-Jarrah di surga.” (HR. Tirmidzi, no. 3747 dan Ahmad, 1:193. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini sahih).

       Mereka memiliki keistimewahan yaitu :

1. Abu Bakar Ash-Shiddiq, beliau adalah manusia terbaik setelah Rasulullah Shallahu ‘alaihi Wasalam, sebagai teman yang paling dicintai oleh Rasulullah Shallahu ‘alaihi Wasalam, selalu menemani Rasulullah Shallahu ‘alaihi Wasalam pada kesempatan-kesempatan penting, orang yang paling bersemangat di dalam beramal shalih, kuat keimanannya, memiliki sifat lembut dan pemaaf, menjadi khalifah pertama setelah wafatnya nabi Muhammad Shallahu ‘alaihi Wasalam. 

2. Umar Bin Al-khatthab, beliau adalah khalifah kedua setelah wafatnya Abu Bakar Ash-Shiddiq, penduduk surga yang ada di muka bumi, mulianya Islam dengan perantaranya, mempunya wibawa yang tinggi.

3. Utsman Bin Affan, beliau adalah khalifah ketiga setelah wafatnya Umar Bin Al-khatthab, merupakan penduduk surga yang hidup di muka bumi, dan beliau merupakan pria pemalu.

4. Ali Bin Abi Thalib,  beliau adalah khalifah keempat setelah wafatnya Utsman Bin Affan, sudah mendapatkan jaminan masuk ke dalam surga, Rasulullah Shallahu ‘alaihi Wasalam mengumumkan di khalayak bahwa Allah dan Rasul-Nya mencintai Ali, dan juga beliau merupakan ayah dari pemimpin pemuda surga.

5. Thalhah bin ‘Ubaidillah,  merupakan sahabat yang mendapat jaminan surga, generasi awal yang masuk Islam, melindunggi Rasulullah Shallahu ‘alaihi Wasalam pada perang uhud hingga jari beliau terluka, sangat baik hati dan banyak bersedekah, dan beliau mati syahid di jalan Allah.

6. Az-Zubair Bin Al-‘awwam, merupakan sahabat yang mendapatkan jaminan masuk surga, termasuk generasi masuk Islam, ikut serta dalam perang badar dan perang yarmuk, sebagai tetangga Nabi di surga, serta pembela Rasulullah Shallahu ‘alaihi Wasalam.

7. Abdurahman Bin Auf,  merupakan sahabat yang sudah di jamin masuk surga, generasi awal masuk Islam, pada jaman jahiliyah dia mengharamkan khamar pada dirinya, mengikuti dua kali hijrah, ikut dalam perang badar dan seluruh perang lainnya, dan beliau mempunyai sifat rendah hati dan rajin bersedekah.

8. Sa’ad Bin Abi Waqqash, merupakan sahabat yang sudah di jamin masuk surga, generasi awal masuk Islam, mengikuti perang badar dan uhud, ahli di dalam memanah, doanya mustajab, dan sahabat yang paling terakhir wafat di antara 10 sahabat yang dijamin masuk surga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: