Kampung Pule, Rekomendasi Kuliner di Tambak Banyumas

Kampung Pule, Rekomendasi Kuliner di Tambak Banyumas

Kampung Pule, Rekomendasi Kuliner di Tambak Banyumas-RAYKA/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Penggemar kuliner, pastinya wajib mencicipi rumah makan baru yaitu Kampoeng Pule. Rumah makan ini terletak di Jalan Lingkar Sumpiuh Gumelar, Kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas.

Rumah makan bergaya modern klasik ini menawarkan berbagai menu kuliner Nusantara. Salah satu menu andalannya yakni Bebek Hotplate dan berberapa menu ayam lainnya.

Pemilik Kampoeng Pule, Tularno Nugroho mengatakan, sebagai warga asli Tambak Banyumas, dia ingin mengembangkan ekonomi kreatif di wilayah Banyumas timur ini. 

Nama Pule sendiri diambil dari salah satu pohon yang memiliki manfaat obat-obatan. Bahkan Tularno mengambil pohon Pule tersebut dari hutan-hutan di Kabupaten Banjarnegara. 

"Pohon Pule ini punya banyak kelebihan. Dilihat termasuk pohon lama pohon purba, saya jadikan ikon dengan harapan Kampung Pule ini bisa memberikan manfaat bagi banyak orang," kata dia.

"Kebetulan saya senang kuliner, dan melihat potensi di daerah Tambak ini, banyak orang yang melintas ke Jogja. Belum ada kuliner di arah ini, jadi saya ingin di Jalan Lingkar ini ada tempat transit untuk makan," kata dia.

Tularno mengatakan, bebek merupakan salah satu ikon di daerah Tambak. Untuk itu,  dia memiliki inisiatif membuka rumah makan dengan bahan baku bebek. Tak hanya itu, di Kampung Pule juga terdapat cafe yang menawarkan berbagai minuman, makanan ringan dan life music. 

"Menu andalan bebek hotplate. Untuk menu lain juga kita menyajikan makanan tradisional khas Jawa, seperti lodeh dan pecak jantung. Sehingga tamu bisa merasakan makan seperti di pedesaan," katanya.

Tularno mengatakan, salah satu menu andalannya, ayam goreng petetak, juga terinspirasi dari resep peninggalan almarhum ibunya. Dia ingin mewujudkan cita-citanya untuk membuat rumah makan dengan menu tersebut. 

"Saya sanang membuat lokasi sepi ini, menjadi ramai, bisa kembangkan ekonomi warga sekitar. Untuk karyawan sendiri 50 persen dari warga sekitar sini, sehingga bisa mengurangi pengangguran," ujarnya.

Dikatakan Tularno, masyarakat tak perlu khawatir untuk datang ketempat ini, selain makanan yang enak, harganya juga ramah untuk semua kalangan.

Tularno mengatakan, kedepan Kampung Pule ini akan dikembangkan lagi, di lahan sekitar 2 hektare ini, akan dibangun kolam renang untuk edukasi anak. 

"Konsep kedepan rencana akan ada pengembangan kolam renang edukasi. Karena di daerah timur ini, tidak ada edukasi wisata dan juga untuk menarik pelanggan," kata dia. (ray/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: