Hasil Uji Lab Sampel Makanan Diduga Penyebab Keracunan Warga Kroya, Mengandung E.Coli

Hasil Uji Lab Sampel Makanan Diduga Penyebab Keracunan Warga Kroya, Mengandung E.Coli

Kepala Dinkes Cilacap saat diwawancarai Selasa 14 Maret 2023-DOC. RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Hasil uji laboratorium sampel makanan yang diduga menjadi menyebabkan puluhan warga Desa Mujur Lor Kecamatan Kroya keracunan akan sudah keluar. 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Cilacap, dr Pramesti Giriana Dewi, berdasarkan sampel makanan yang diambil, ditemukan positif bakteri escherichia coli (E. coli). 

"Ada beberapa sampel makanan yang diambil. Ditemukan ada positif E.Coli di sebagian sate ayam, yang diambil sampelnya," kata dia, Selasa 14 Maret 2023.

Pramesti mengatakan, untuk langkah selanjutnya, pihaknya akan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Banyumas. Pasalnya, sate ayam tersebut dipesan di wilayah Kabupaten Banyumas.

"Sudah kita tindaklanjuti kita koordinasi dengan Dinkes Banyumas karena pesan di wilayah Banyumas," kata dia.

Namun demikian, Dikatakan Pramesti, ciri-ciri makanan yang mengandung bakteri E.Coli memang cukup sulit diidentifikasi dengan mata telanjang. 

"Dari kejadian kemarin, kita perlu belajar. Masyarakat perlu hati-hati saat mengolah makanan. Yang dilakukan Dinkes nanti pasti kita akan melakukan sosialisasi lebih intens, bagaimana cara mengolah yang betul. Kita selalu ingatkan masyarakat agar selalu terjaga kesehatannya,

Diberitakan sebelumnya, sekitar 80 warga diduga mengalami keracunan usai menyantap hidangan di tempat hajatan, Senin 27 Februari 2023 lalu. Bahkan beberapa dari mereka ada yang dirawat di Puskesmas dan rumah sakit. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: