Bekali Mahasiswa, Dosen Amikom Latih Pembuatan Proposal PKM

Bekali Mahasiswa, Dosen Amikom Latih Pembuatan Proposal PKM

Berlangsungnya pelatihan pembuatan proposal PKM 2023 dan cara pengisian data di SIMBELMAWA di Ruang Eksekutif Kampus Amikom Purwokerto akhir Februari.-Humas Amikom Purwokerto untuk Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Bertempat di Ruang Eksekutif Kampus Universitas Amikom Purwokerto pada Senin (27/2) dan Selasa (28/2), Dosen Universitas Amikom Purwokerto, Ito Setiawan, S Kom, M MSI bersama tim dari rekan dosen dan mahasiswa mengadakan pelatihan pembuatan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2023 dan cara pengisian data di Sistem Informasi Pembelajaran dan Kemahasiswaan (SIMBELMAWA).

Dosen Universitas Amikom Purwokerto, Ito Setiawan, S.Kom., M.MSI mengatakan PKM merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang diluncurkan oleh Ditjen Diktiristek di bawah pengelolaan Belmawa. PKM menjadi salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa.

"Peserta adalah tim yang akan mengajukan proposal PKM 2023 berjumlah 140 mahasiswa," katanya pada Radarmas, Minggu (5/3).

Ito menjelaskan pelatihan pembuatan proposal PKM dibagi menjadi tiga sesi sesuai dengan skema PKM yang ada. Sesi I mulai pukul 08.00-10.00 WIB untuk PKM KC,  PKM VGK dan PKM RE.  Sesi II pukul 10.00-12.00 WIB untuk PKM AI, PKM PI, PKM KI, PKM PM dan PKM GFT serta Sesi III pukul 13.00-15.00 WIB untuk PKM K dan PKM RSH. Diawal, pelatihan lebih fokus pada pedoman penulisan atau template PKM 2023.

"Karena seleksi awal oleh BELMAWA maka yang pertama kami lihat dari segi templatenya terlebih dahulu. Sebagus apapun judul dan isinya, apabila tidak sesuai template pedoman PKM akan gugur diawal," terangnya.

Selanjutnya setelah template adalah pelatihan cara menginput data ketua pengusul di sistem BELMAWA mulai proses pengisian data diri, anggota pengusul, luaran sampai dengan upload proposal di sistem. Dibantu oleh para reviewer internal Amikom dengan kurang lebih 10 dosen didalamnya semua proposal PKM dari peserta pelatihan direview satu persatu.

"Dengan demikian dapat diketahui dimana letak kesalahan maupun ketidaksesuaian dengan pedoman penulisan PKM," sambung Ito.

Adapaun tujuan dari pelatihan kali ini sesuai target dari Kemahasiswaan Universitas Amikom Purwokerto terkait jumlah proposal yang dapat didanai mencapai lebih dari lima tim dan ada tim yang bisa sampai PIMNAS.

"Selain itu diharapakan dengan pelatihan ini semakin menambah pemahaman mahasiswa dalam menulis proposal PKM yang sesuai dengan pedoman yang ada," pungkasnya. (yda/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: