Dinperindag Dapatkan Alokasi Dana Rp 3 M, Untuk Pembangunan Tahap Kedua Pasar Badog

Dinperindag Dapatkan Alokasi Dana Rp 3 M, Untuk Pembangunan Tahap Kedua Pasar Badog

Pekerja nampak sedang melaksanakan pembangunan pavingisasi halam Pasar Badog.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pasar Badog, di Kelurahan Bancar, Kecamatan PURBALINGGA, Kabupaten PURBALINGGA mendapatkan 'kucuran' dana dari pemerintah pusat, Rp 3 miliar. Sejumlah dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan tahap kedua Pasar Badog.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Purbalingga Johan Arifin, Jumat, 24 Februari 2023.

"Dana untuk pembangunan tahap kedua berasal dari dana Tugas Pembantuan (TP) dari APBN, yang ada di Kemendag RI (Kementerian Perdagangan Republik Indonesia," katanya.

Dijelaskan olehnya, untuk pembangunan tahap kedua akan menyasar pembangunan los dan kios, bagi pedagang yang belum tertampung pada pembangunan tahap pertama.

Saat ini, pihaknya tengah melaksanakan penataan lingungan Pasar. Yakni, dengan melakukan pavingisasi halaman pasar.

Sebelumnya, pada pembangunan tahap pertama Pasar Badog menghabiskan dana Rp 2,3 miliar dari APBD Kabupaten Purbalingga 2023.

Namun, pembangunan tahap pertama tersebut belum mampu menampung semua pedagang, terutama pedagan yang saat ini berdagang di Pasar Bancar.

Rencananya pedagang di Pasar Bancar ini akan ikut direlokasi ke Pasar Badog. Sehingga, hanya ada satu pasar yang ada di Kelurahan Bancar.

Pedagang yang sudah tertampung di pembangunan tahap pertama adalah pedagang kuliner dan sayuran yang ada di Pasar Badog, yang saat ini menempati eks jalan pengubung Jembatan Sungai Klawing lama. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: