Pakaian Terbaik Saat Kirab Hari Jadi Banyumas Bakal Dapat Penghargaan

Pakaian Terbaik Saat Kirab Hari Jadi Banyumas Bakal Dapat Penghargaan

Ilustrasi Pelajar Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Banyumas berlatih tari kolosal di halaman Pendopo Si Panji Purwokerto (14/2/2023). Latihan tari tersebut untuk memeriahkan kirab pusaka hari jadi Kabupaten Banyumas 19 Februari mendatang. (Dimas Prabowo--

PURWOKERTO - Salah satu yang ditekankan saat Kirab Pusaka dalam Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke452 nanti adalah soal pakaian. Panitia telah menentukan pakaian yang dipakai saat kirab pusaka. 

 

Kabag Kesra Setda Banyumas sekaligus Sekretaris Panitia Hari Jadi Kabupaten Banyumas, Suwondo Geni mengatakan karena momentum ini adalah sakral, maka diharapkan agar pakaiannya menyesuaikan dengan adat Banyumasan. 

 

Sudah ada surat edaran terkait pakaian itu. Untuk pria yaitu blangkon atau iket motif Banyumasan, beskap kucing anjlog warna hitam atau gelap, jarit batik motif Banyumasan, alas kaki selop atau sandal bandol

 

Sedangkan wanita yaitu, sanggul atau hijab, kebaya mekak Banyumasan warna hitam atau gelap, jarit batik motif Banyumasan, alas kaki selop.

 

Dia menambahkan, nantinya pakaian itu juga akan dilombakan masing-masing pasukan. "Penampilan terbaik bakal mendapatkan penghargaan dari Pak Bupati. Jadi tampilan mereka harus ori, pakaian ada sesuai dengan kentuan adat Banyumas," tandasnya. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: