186 Narapidana Lapas Karang Anyar Jalani Tes VCT dan Sipilis, Ada Apa?

186 Narapidana Lapas Karang Anyar Jalani Tes VCT dan Sipilis, Ada Apa?

Warga binaan lapas Karang Anyar saat menjalani tes pemeriksaan kesehatan serta VCT, Rabu 15 Februari 2023.-HISAM WIBOWO UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Lapas Karanganyar Cilacap melaksanakan tes VCT atau test HIV/ AIDS terhadap 186 warga binaan untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut serta pengecekan terhadap penyakit sipilis.

Kepala Lapas Karanganyar Hisam Wibowo ketika dikonfirmasi mengatakan kegiatan tersebut merupakan kerjasama dengan Puskesmas Cilacap Selatan dalam rangka untuk mencegah penyebaran penyakit HIV/!AIDS terutama bagi warga lembaga permasyarakatan.

"Hal itu salah satu bentuk kepedulian serta perhatian kami terhadap kesehatan para warga binaan Lapas Karang Anyar," jelasnya, Kamis 16 Februari 2023.

BACA JUGA:2 Pasar Rakyat di Cilacap dapat Alokasi Minyak Goreng MinyakKita 5760 liter.

Selain itu, kegiatan VCT ini didasarkan pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 Pasal 4 yakni tentang pelayanan dan perawatan khususnya di bidang kesehatan. 

"Pelayanan dan perawatan bagi warga binaan di Lapas Karanganyar sendiri sudah dilakukan oleh tenaga medis lapas sedangkan untuk tes ini kita kolaborasi dengan Puskesmas," lanjutnya.

Penularan atau infeksi HIV /AIDS pada awalnya tidak dapat diketahui secara kasat mata akan tetapi dibutuhka skrining lanjutan untuk mencegah penyebarannya.

BACA JUGA:Begini Kronologi Tabrakan Motor di Simpang 4 Tanjung Purwokerto

"Hasilnya akan diketahui besok, saat ini hanya dilakukan pemeriksaan serta cek kesehatan," pungkas Hisam.(jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: