Ziarah Bupati Terdahulu, Sebagai Wujud Intropeksi Diri

Ziarah Bupati Terdahulu, Sebagai Wujud Intropeksi Diri

TMP Tanjung Nirwana setiap tahunnya rutin dilakukan perawatan oleh Pemkab Banyumas melalui Dinsospermades Banyumas. (Yudha Iman Primadi/Radarmas)--

PURWOKERTO - Rangkaian acara ziarah akan dilangsungkan Kamis (16/2). Pada hari itu, rombongan pejabat Pemkab Banyumas akan ziarah ke makam Pendiri Kabupaten Banyumas atau Bupati Pertama yaitu R Djoko Kaiman.

 

Ini adalah salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh Bupati Banyumas dan pimpinan daerah Kabupaten Banyumas dalam memperingati Hari Jadi Kabupaten Banyumas. 

 

Bupati Banyumas Achmad Husein dijadwalkan akan langsung memimpin ziarah tersebut. Husein mengatakan, tujuan ziarah adalah untuk mendoakan R Djoko Kahiman yang sudah mendirikan Banyumas.

 

Selain itu, lanjut dia, ziarah ini juga mengingatkan tentang keteladanan R Djoko Kahiman yang berjiwa ksatria dan tidak mementingkan diri sendiri. 

 

"Banyumas bisa seperti sekarang berkat pengabdian, perjuangan, dan kerja keras pada bupati terdahulu. R Djoko Kahiman mempunyai jiwa yang kesatria dan tidak mementingkan diri sendiri. Jiwa kesatria dan rela berkorban inilah yang patut kita tauladani," tuturnya. 

 

Bupati juga menekankan, bahwa kegiatan ziarah nanti, selain untuk mengenang jasa bupati terdahulu juga sebagai intropeksi diri, dan rasa untuk menghargai para pendahulu.

 

Seperti diketahui, komplek pemakaman Dawuhan cukup luas sekitar 7 hektar. Pesarean tersebut memiliki 11 kompleks makam utama. Salah satu makam paling terkenal adalah makam Bupati Banyumas pertama, yaitu R Djoko Kaiman yang bergelar Adipati Wargautama II dan juga Adipati Mrapat. Ada pula makam Yudhanegara I-III, Cakranegara I-IV serta Cakrawerdana I dan II.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: