Polres Banjarnegara Gelar Operasi Keselamatan Lalu lintas

Polres Banjarnegara Gelar Operasi Keselamatan Lalu lintas

OPERASI KESELAMATAN Apel gelar pasukan sebagai tanda dimulainya operasi keselamatan lalu lintas di Banjarnegara tahun 2023. Doc Humas Polres Banjarnegara.--

BANJARNEGARA - Polres Banjarnegara menggelar Operasi Keselamatan Lalu lintas Candi 2023. Operasi berlangsung selama 14 hari ditandai dengan apel gelar pasukan di Mapolres Banjarnegara. 

Operasi Keselamatan Lalu lintas Candi 2023 ini sudah berlangsung mulai dari tanggal 7 hingga 20 Februari 2023 dengan sasaran para pelanggar lalu lintas. Meski begitu, dalam operasi ini, petugas lebih mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dibanding penegakan hukum atau tilang. 

Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto mengatakan, untuk operasi keselamatan lalu lintas candi 2023 ini mengambil tema 'Keselamatan Berlalu Lintas yang Utama dan Pertama'. Untuk itu, jajaran Satlantas akan membagi tindakan selama operasi berlangsung dengan tindakan preemtif 40 persen, preventif 40 persen. 

"Untuk penegakan hukum bagi pelanggar lalu lintas porsinya 20 persen, penindakan ini dilakukan dengans istem tilang elektronik, baik kamera statis maupun moble. Operasi ini dilakukan untuk memberikan keamanan dan keselamatan dalam berlalu lintas menjelang datangnya bulan ramadan tahun 2023," katanya, Rabu (8/2).

BACA JUGA:Rektor Bersama Tim Pengabdian Masyarakat Sampaikan Pentingnya PHBS Pasca Bencana di Cianjur

Menurutnya, kegiatan preemtif meliputi penerangan keliling, pemasangan rambu pada tempat rawan laka, penyebaran spanduk, leflet, sticker, baliho, adapun preventif pengaturan, pengawalan, patroli, penjagaan.

"Untuk penegakan hukum lebih pada pelanggaran yang kasat mata dan menimbulkan perhatian publik, seperti balap liar, tata cara pemuatan, kendaraan tidak sesuai persyaratan teknis dan laik jalan, tidak menggunakan helm, melawan arus, pelanggar lalu lintas yang tidak tercakup kamera ETLE," katanya.

Dari operasi ini, dia juga berharap dapat meningkatkan disiplin dalam berlalu lintas masyarakat, serta menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran lalu lintas serta tingkat fatalitas korban laka lantas.(jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: