Hari Jadi Banjarnegara ke 452 Akan Dimeriahkan 50 Grup Ebeg

Hari Jadi Banjarnegara ke 452 Akan Dimeriahkan 50 Grup Ebeg

EBEG Pj Bupati Banjarnegara saat memberikan sambutan dalam silaturahmi bersama paguyuban ebeg se Kabupaten Banjarnegara di Pendopo Dipayuda. Pujud Radar Banyumas --

BANJARNEGARA - Hari jadi Banjarnegara tahun 2023 sudah dimulai dengan peluncuran logo hari jadi ke 452. Berbagai kegiatan telah dipersiapkan oleh panitia, termasuk dengan gelaran festival Ebeg se Kabupaten Banjarnegara di pusat kota.

Festival ebeg yang merupakan rangkaian hari jadi Banjarnegara ini akan berlangsung di Alun-alun Banjarnegara mulai 10 higgga 11 Maret 2023 dengan jumlah peserta mencapai 50 grup. 

Ketua panitia festival Ebeg hari jadi Banjarnegara Aris mengatakan, selain untuk mempererat tali silatuahmi sesama seniman ebeg, festival ini dilakukan untuk menjaga tradisi dan seni budaya yang ada di Banjarnegara, sebab ebeg merupakan satu kesenian tradisional yang ada di tanah jawa.

"Rencananya ada sekitar 50 tim dari paguyuban ebeg di Banjarnegara, mereka akan tampil di Alun-alun Banjarnegara mulai 10-11 Maret 2023," katanya, Minggu (5/2).

Menurutnya, masuknya budaya asing memang menjadi ancaman tersendiri bagi pelaku kesenian tradisional, namun dirinya tetap terus berupaya agar kesenian ini bisa teus lestari di tanah jawa, khususnya Banjarnegara. Apalagi ebeg merupakan satu kesenian dan hiburan masyarakat.

"Kami juga berharap festival ini bisa menjadi agenda tahunan bagi Banjarnegara sebagai upaya melestarikan budaya asli Banyumasan," katanya.

Sementara itu, Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto mengatakan, selama ini pemerintah terus berupaya memberikan ruang bagi masyarakat kesenian Banjarnegara untuk berkreasi, dan dia juga merasa bangga dengan masyarakat Banjarnegara yang memiliki generasi muda dan peduli serta mau mempelajari seni budaya lokal.

"Saat ini banyak tantangan dalam mempertahankan seni budaya, meski saat ini budaya barat marak di penjuru nusantara, tetapi generasi muda Banjarnegara masih banyak yang melestarikan seni budaya, ini tentu menjadi satu kebanggaan bersama," katanya.

Sebagai bentuk dukungan terhadap seni budaya yang ada, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui dinas terkait juga sudah menyiapkan anggaran khusus untuk pelestarian budaya dan pengembangan kesenian tradisional di Banjarnegara.

"Pemerintah akan terus berupaya melakukan kolaborasi dan mendukung seniman Banjarnegara, dan kami juga berharap festival ini menjadi agenda tahunan di Banjarnegara," katanya.(jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: