Ini Penyebab Sungai Laban Karangjambu-Sanguwatang Meluap

Ini Penyebab Sungai Laban Karangjambu-Sanguwatang Meluap

Kondisi sawah dan pemukiman di Karangjambu Selasa sore kemarin saat Sungai Gintung meluap-POLSEK KARANGJAMBU UNTUK RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Luapan Sungai Laban kemarin yang menyebabkan dua desa tergenang untuk sementara diindikasikan karena sejumlah penyebab.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Kabupaten Purbalingga, Buang Sudirman menjelaskan, penyebab yang sudah diidentifikasi diantaranya kurangnya tutupan lahan, cuaca ekstrem dengan intensitas hujan lama dan curah hujan tinggi.

Penyebab lainnya adanya pendangkalan sungai dan penyempitan badan sungai. "Kami juga melihat ada longsoran yang mengakibatkan penyumbatan dan menjadikan luapan air sungai," rincinya, Rabu 1 Februari 2023.

BACA JUGA:Sungai Laban Purbalingga Meluap, Desa Sanguwatang dan Karangjambu Tergenang

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Purbalingga, Doyo Mulyono menjelaskan, genangan air mulai surut pada pukul 17.00 Selasa 31 Januari 2023. Ia menyebutkan, ada beberapa dampak akibat bencana sore kemarin.

Dampak yang terjadi sementara ini, jalan Desa Sanguwatang- Jingkang terendam, persawahan dan kolam ikan di Desa Sanguwatang terendam dan TK Pertiwi di Desa Karangjambu terendam.

BACA JUGA:Geger 2 Kasus Ketakutan Anak Sampai Menyebar Isu Penculikan di Jatilawang, Bhabinkamtibmas : Tidak Benar

'Hari ini BPBD melakukan asesmen di lokasi dan untuk sementara belum bisa menentukan angka kerugian," katanya, Rabu 1 Februari 2023. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: