Sungai Laban Purbalingga Meluap, Desa Sanguwatang dan Karangjambu Tergenang

Sungai Laban Purbalingga Meluap, Desa Sanguwatang dan Karangjambu Tergenang

Luapan air dari Sungai Laban yang menggenangi wilayah Karangjambu, Selasa sore ini.-BABINSA KARANGJAMBU UNTUK RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Hujan deras yang turun dalam jangka waktu lama di Desa Karangjambu dan Desa Sanguwatang Kecamatan Karangjambu, Selasa 31 Januari 2023 sore, menyebabkan Sungai Laban meluap.

Luapan itu menyebabkan area persawahan dan sejumlah bangunan warga tergenang hingga pukul 17.30 tadi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga Priyo Satmoko menjelaskan, pihaknya menerima laporan pada pukul 17.00 sore ini. Aliran Sungai Laban meluap dan airnya melintasi permukiman di dua desa itu.

BACA JUGA:Melihat Banyumas Tempo Dulu, Sadewo : Nanti Cukup Di Kawasan Kota Lama

"Kami belum bisa mendata dampak karena kejadian ini. Yang jelas jika hujan mereda, luapan akan surut," katanya, Selasa 31 Januari 2023 petang ini.

Ia menerima informasi dari masyarakat jika hujan yang mengguyur wilayah  Karangjambu sejak siang sampai sore ini mengakibatkan debit air di  Sungai Laban meluap. 

Yaitu aliran sungai yang melintas dari Sanguwatang meluap ke area persawahan dan beberapa rumah penduduk serta gedung TK Pertiwi 1 Desa Karangjambu.  

BACA JUGA:Ngamuk Belum Dibelikan Motor, Pemuda di Purwokerto Barat di Evakuasi ke RSUD Banyumas

"Sungai tidak mampu menahan derasnya air sungai yang debutnya naik signifikan. Sampai pukul 18.00 ini, genangan mulai surut," katanya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: