63 Pejabat Bakal Bersaing Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi

63 Pejabat Bakal Bersaing Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi

63 pejabat saat menerima penjelasan soal tahapan rekrutmen Jabatab Tinggi Pratama, mereka yang sudah memenuhi syarat dipersilakan mendaftarkan diri.-HUMPRO SETDA PURBALINGGA UNTUK RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pemerintah Kabupaten PURBALINGGA secara terbuka, sedang berjalan. Sebanyak 63 orang pejabat yang memenuhi syarat telah masuk dalam seleksi.

Sekda Purbalingga, Herni Sulasti mengatakan, pendaftaran calon peserta seleksi dibuka sejak tanggal 17 Januari sampai dengan 31 Januari 2023. 

"ASN harus memiliki jiwa kompetitif dan profesional," kata Sekda, Kamis 26 Januari 2023 saat rapat pembinaan ASN untuk mendaftar seleksi JPT Pratama, Kamis 26 Januari 2023 di Operation Room Graha Adiguna Setda Purbalingga.

Adapun Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang kosong, di antaranya adalah Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus), Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), serta Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM).

“Semua ASN yang telah memenuhi syarat diwajibkan mendaftar. Semua harus punya visi dan misi dalam bekerja. Pemerintah Daerah kini membutuhkan kontribusi anda, maka semangat dan jiwa kompetitif harus ada," tegas Ketua Panitia Seleksi ini.

Sejumlah syarat yaitu, calon peserta harus memiliki kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultural sesuai dengan standar kompetensi jabatan yang telah ditetapkan. 

Syarat berikutnya, yakni peserta diharuskan memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling kurang selama 5 (lima) tahun.

Kemudian calon peserta juga diharuskan memenuhi syarat sedang atau pernah menduduki jabatan administrator atau Jabatan Fungsional (JF) jenjang ahli madya paling singkat 2 (dua) tahun serta memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik.

Setelah peserta seleksi mengunggah berkas administrasi sesuai persyaratan, akan ada seleksi kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural menggunakan metode assessment center oleh lembaga yang ditunjuk. 

"Tahapan wawancara akhir oleh Panitia Seleksi. Panitia seleksi akan mengolah hasil dari setiap tahapan seleksi. Panitia seleksi akan memilih 3 orang dengan nilai terbaik untuk setiap jabatan yang lowong," imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan, satu dari ketiga calon pejabat pimpinan tinggi tersebut dan panitia seleksi menyampaikan laporan hasil seleksi kepada KASN sebelum dilakukan pelantikan. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: