Begini Pentingnya Peran Guru Penggerak Bagi Pendidikan

Begini Pentingnya Peran Guru Penggerak Bagi Pendidikan

Aofa selaku Pendamping Guru Penggerak angkatan lima berada di SMPN 2 Kalibagor bersama calon guru penggerak pada kegiatan pengolahan sekam bakar sebagai pembelajaran berkebun untuk siswa. (Dokumentasi foto tahun 2022, Aofa untuk Radarmas)--

BANYUMAS - Aofa Fitriyana, Pendamping Guru Penggerak atau disebut pengajar praktik angkatan 5 menyampaikan urgensi seorang guru menempuh pendidikan Guru Penggerak.

Seiring perubahan zaman dan perkembangan dunia yang begitu pesat. Termasuk di dunia pendidikan. Sehingga, guru perlu beradaptasi.

"Guru merupakan agen transformasi pendidikan. Agar siap menghadapi perubahan zaman. Maka guru perlu mengikuti pendidikan Guru Penggerak," kata Aofa yang juga guru di SDN 1 Karangsalam Kecamatan Kemranjen, Senin (9/1).

Pelatihan Guru Penggerak akan mengubah cara berpikir guru. Sehingga mau mengembangkan dirinya sendiri dan orang lain.

Selain itu, Guru Penggerak bisa menjadi pemimpin pembelajaran adaptif. Juga, memimpin manajemen pengembangan sekolah.

Setiap jenjang sekolah memiliki karakteristik berbeda. Sehingga penerapan materi Guru Penggerak bervariasi disesuaikan dengan siswa masing-masing.

"Potensi guru berkembang melalui pendidikan Guru Penggerak," imbuh Aofa.

Oleh karena itu, guru yang telah memenuhi persyaratan jangan ragu lagi untuk mendaftar pendidikan Guru Penggerak pada 2023 ini.

Sebab, pendidikan Guru Penggerak tidak lagi hanya untuk mengubah mindset guru. Juga menyiapkan pemimpin di dunia pendidikan.

"Rekruitmen kepala sekolah dan pengawas saat ini harus dari lulusan Guru Penggerak," tutup Aofa. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: