Sadewo Dorong Jadi Sentra Pertanian Dawuhan Kulon

Sadewo Dorong Jadi Sentra Pertanian Dawuhan Kulon

Wabup Banyumas saat melihat salah satu tempat pembibitan di Desa Dawuhan Kulon, Sabtu (7/1). Ahmad Erwin / Radarbanyumas--

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID- Sadewo Tri Lastiono, Wakil Bupati Banyumas mendorong desa Dawuhan Kulon Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas untuk menjadi sentra pembibitan tanaman, dan buah-buahan. 

Didorongnya desa Dawuhan Kulon untuk dikembangkan menjadi sentra pembibitan karena desa tersebut sudah mengahasilkan bibit buah dan tanam-tanaman yang sudah banyak dikirim ke berbagai daerah maupun luar negeri. 

Wabup Banyumas, Sadewo Tri Lastiono mengatakan, jika saat ini Ia baru tahu jika di Desa Dawuhan Kulon terpadat masyarakat yang melakukan penangkaran bibit tanaman. 

BACA JUGA:Polisi Buru Pelemparan Bus di Ajibarang Banyumas

"Malah kaget saya juga baru tahu, karena Kedungbanteng inikan terkenalnya ikan dan ternak tetapi ternyata disini ada pembibitan tanaman, kayu keras juga ada," katanya, Sabtu (7/1). 

Dan adapun Desa Kebonreja Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang yang saat ini terkenal sebagai sentra pembibitan di Indonesia. 

Wabub menambahkan, ternyata sebagian bibit di daerah itu diambil juga dari Dawuhan Kulon. 

"Sehingga selama ini yang terkenal Salaman, tetapi ternyata Salaman juga belinya sebagian dari sini bibitnya," tambahnya. 

Namun, Sadewo mengakui, jika promosi yang dilakukan oleh Pemdes Dawuhan Kulon memang masih kurang

"Promosinya masih kurang, jadi kurang dikenal, dan semoga kedepan bisa makin bagus sebagai sentra pembibitan," lanjutnya. 

Sementara untuk tindak lanjut, agar pengembangan sentra pembibitan di Desa Dawuhan Kulon terus berlanjut. 

"Nanti yang pertama saya akan minta dinas pertanian dan dinas Perikanan belinya disini dulu jangan keluar, kalau misalkan butuh bibit," ungkapnya. 

Kemudian, juga akan dilakukan pembukaan irigasi.

"Kemudian tadi ada permintaan soal irigasi ini agak berat, karena kewenangannya BBWSSO tapi saya tadi sudah telpon pak Gubernur, cuma belum diangkat. Dan kalau sudah dibuka irigasinya pasti support," imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: