Kronologi Kebakaran Tobong Bata di Karanglewas, Setengah Jam Api Bisa Dijinakkan

Kronologi Kebakaran Tobong Bata di Karanglewas, Setengah Jam Api Bisa Dijinakkan

Proses pemadaman sendiri berlangsung kurang lebih 30 menit-Damkar Banyumas For Radar Banyumas -

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID- Kejadian kebakaran menimpa tempat pembuatan batu bata (tobong bata) milik Martono (56) di Rt 2 Rw 4 Desa Babakan Kecamatan Karanglewas, Kamis (29/12) kemarin. 

Tempat pembakaran dan pembuatan batu bata di Rt 2 Rw 4 Desa Babakan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas mengalami kebakaran dan baru dapat dijinakkan oleh tim Damkar Banyumas setelah selama setengah jam berjibaku dengan api. 

Adapun dugaan penyebab sumber api, berasal dari tempat pembakaran batu bata yang kemudian karena disebabkan oleh angin kencang sehingga api membesar dan menyambar atap tempat pembuatan batu bata. 

"Menurut keterangan pemilik sekitar pukul 08.30 para pegawai sedang membakar bata, lalu karena angin yang begitu kencang api menyambar atap dan api dengan cepat merembes membakar tempat produksi bata," ungkap Kepala UPT Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Banyumas, Andaru Budilaksono, Jumat (30/12). 

Sumber api berasal dari sambaran api proses pembakaran bata yang kemudian menjalar membakar bangunan.

"Proses pemadaman sendiri berlangsung kurang lebih 30 menit, karena pada saat kami sampai di lokasi, kami mendapati api sedang berusaha dipadamkan oleh warga menggunakan peralatan seadanya. Lalu kamipun mengambil alih pemadaman menggunakan unit truk pemadam," jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Damkar menyebut, jika bangunan tobong bata itu merupakan milik Martono (56).

"Dan untuk kerugian mencapai Rp. 60 juta dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut," pungkasnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: