Ini Rahasia Buah Bintaro, untuk Apa?

Ini Rahasia Buah Bintaro, untuk Apa?

Wasis sedang memetik buah bintaro yang ada di bahu jalan di areal persawahan di Desa Plangkapan, Tambak, Rabu 28 Desember 2022. (Fijri/Radarmas)--

BANYUMAS-Tamanan padi di sawah diserang hama tikus? Seorang petani Wasis mempunyai rahasia untuk menghalau binatang pengerat itu.

 

Wasis mengungkapkan trik menghalau tikus dengan langkah yang sangat sederhana. Tidak butuh biaya mahal. Cukup cari buah bintaro yang belum matang.

 

"Sudah saya coba beberapa kali dengan bintaro untuk tanaman padi, alhamdulilah aman dari tikus," kisah Wasis, Rabu (28/12).

 

Buah bintaro utuh hanya diletakan di pematang sawah. Jarak antar bintaro kisaran dua meter mengelilingi tanaman padi. Sebaiknya, memagari tanaman padi menggunakan buah bintaro ketika mulai memasuki fase mratak.

 

Bintaro dapat bertahan lama. Disebut Wasis hingga padi panen, bintaro masih belum busuk. Sehingga efektif untuk perlindungan tanaman padi.

 

Wasis memetik buah bintaro di areal persawahan di Desa Plangkapan Kecamatan Tambak. Aktivitas tersebut menarik perhatian pengguna jalan.

 

"Ada saja orang yang lewat tanya, cari bintaro untuk apa," ujar Wasis.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: