Tim Verifikasi ODGJ di Banyumas Dibentuk

Tim Verifikasi ODGJ di Banyumas Dibentuk

Tim Verifikasi ODGJ Banyumas berfoto bersama dalam acara Launching Desa Sehat Jiwa di Puskesmas Sokaraja I, Sokaraja, Banyumas, Selasa, 27 Desember 2022. (Yudha Imam Primadi/Radar Banyumas)--

PURWOKERTO - Meningkatkan pelayanan pada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), Pemkab Banyumas membentuk tim verifikasi ODGJ dengan SK Bupati melibatkan OPD dan instansi terkait.

 

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Banyumas, dr H Arif Sugiono mengatakan pembentukan tim verifikasi ODGJ merespon ketentuan baru dimana semua pasien termasuk ODGJ bisa hadir dalam pelayanan kesehatan.

 

"Sebagian pasien ODGJ masih sulit dihadirkan ke rumah sakit. Intinya kurang kooperatif. Tim verifikasi mungkin bisa menjadi solusi," katanya.

 

dr H Arif menjelaskan pembentukan tim verifikasi  ODGJ juga menjadi tndak lanjut hasil dari rapat antara Bupati Banyumas, Dinkes Banyumas, Dinsospermades Banyumas dan BPJS Kesehatan.

 

"Nantinya tim verifikasi yang memastikan sebagian ODGJ yang sulit dihadirkan secara fisik ke rumah sakit tetap mendapatkan pengobatan dan pemantauan kesehatan," terangnya. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: