Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun 2022-2023, Bisa Jadi Referensi

Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun 2022-2023, Bisa Jadi Referensi

--

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Berikut bacaan doa akhir tahun 2022 yang segera berakhir dan bacaan doa awal tahun 2023 yang segera dimulai meski saat ini memasuki awal tahun masehi, dan bukan tahun baru Islam.

Namun, tak ada salahnya bila umat Islam juga turut berdoa saat pergantian tahun masehi 2022-2023.   

Berikut bacaan doa bagi umat Islam yang juga akan menjalani pergantian tahun masehi. Daripada ikut merayakan dengan hura-hura, maka ikut menjalani perayaan tahun baru masehi dengan berbagai doa yang sesuai dianjurkan Nabi Muhammad juga lebih baik.  

Seperti diketahui, seminggu lagi umat manusia akan segera memulai tahun baru 2023 dan mengakhiri tahun 2022. Mengingat perhitungan tahun Masehi menjadi patokan waktu yang paling umum dipakai oleh masyarakat dunia.

Maka tidak salah apabila sebagai Muslim menggunakan momen ini untuk muhasabah diri serta memohon ampunan dari-Nya.

Jamak diketahui banyak acara di malam pergantian tahun. Masyarakat juga demikian. Akan banyak aktivitas. Maka, dengan harapan dan dari doa ini tak lain agar mendapatkan keberkahan di tahun yang baru.

"Meski bukan tahun baru hijriah, tapi tahun masehi, lebih baik juga diawali dengan doa," kata salah satu warga Aji, ditemui Radar Banyumas. 

Dihimpun dari berbagai informasi yang dikumpulkan Radar Banyumas, doa akhir tahun dapat dilafalkan pada akhir tahun yang bertepatan dengan hari ini, Sabtu 31 Desember 2022.

Sebagaimana diketahui, anjuran berdoa pun sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al Quran surat Gafir ayat 60.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَࣖ

Latin: wa qāla rabbukumud'ụnī astajib lakum, innallażīna yastakbirụna 'an 'ibādatī sayadkhulụna jahannama dākhirīn.

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina."

Diketahui dari buku Kalender Ibadah Sepanjang Tahun oleh Ustadz Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid, doa akhir tahun bisa dibaca dengan harapan dapat terhindar dari godaan atau tipu daya setan dan diampuni dosanya setahun sebelumnya.

Berikut doa akhir tahun dan awal Tahun Baru Islam 1444 H:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: