Banjir Pesisir, Pantai Sodong Porak Poranda

Banjir Pesisir, Pantai Sodong Porak Poranda

Tim BPBD melakukan pemantauan di lokasi rusaknya fasilitas umum di Sodong Adipala, Minggu (25/12) -MIJAN UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Banjir pesisir atau rob menerjang pesisir selatan CILACAP bagian timur.

Akibatnya, fasilitas umum di Pantai Sodong, Kecamatan Adipala rusak. 

Analis Kebencanaan BPBD Cilacap, Gatot Arief Widodo mengatakan, pihaknya telah melakukan pemantauan di sejumlah pantai Cilacap sejak tanggal 21 Desember 2022. 

BACA JUGA:Realisasi Retribusi Laboratorium Konstruksi Dan Peralatan Sudah Capai Rp 544 Juta

"Kita pantau terus kondisi di sejumlah pantai. Untuk dampak yang paling parah di Pantai Sodong Adipala," katanya, Senin (26/12).

Arief mengatakan, terjadinya air pasang atau rob,  menyebabkan Muara Pantai Sodong meluap, sehingga sejumlah kamar mandi umum, warung dan halte tunggu pengunjung roboh.

"Untuk warung milik pedagang cukup banyak, namun beberapa sudah dievakuasi karena sudah ada peringatan banjir rob. Kalau untuk kamar mandi dan halte pengunjung kerugian sekitar Rp 50 juta," katanya. 

BACA JUGA:Lansia 'Speechless' Tetap Terima Bansos Permakanan Padahal Cuaca Hujan

Dikatakan Arief, air rob juga sempat memasuki akses jalan menuju Pantai Sodong, dan halaman pekarangan rumah di Dusun Congot RT 02 RW 03 Desa Karangbenda, Adipala.

"Saat gelombang pasang, air sempat masuk ke halaman rumah ketinggian mencapai 5-15 sentimeter di Karangbenda. Namun hanya sebentar dan beberapa jam langsung surut," kata dia.

BACA JUGA:Tidak Semua Peserta JKN Harus Bawa Rujukan Ke RS

Pihaknya pun sampai saat ini masih melakukan pemantauan. Selain itu, masyarakat di daerah pesisir diminta tetap waspada, begitupun dengan pengunjung di tempat wisata pantai. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: