1.380 Pelajar Ikuti Jumbara XVIII PMI Banyumas

1.380 Pelajar Ikuti Jumbara XVIII PMI Banyumas

JUMBARA: Suasana salah satu tenda peserta Jumbara, Kamis (22/12) di Volunteer Edu Park PMI Kabupaten Banyumas yang ada di Desa Banteran, Kecamatan Sumbang--

PURWOKERTO - Sebanyak 1.380 anggota Palang Merah Remaja (PMR) se-Kabupaten Banyumas, yang terdiri dari pelajar SMP dan SMA mengikuti Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PMR Madya dan Wira ke XXVIII PMI Kabupaten Banyumas Tahun 2022. Waka Satu Pengurus PMI Kabupaten Banyumas Dibyo Yuwono mengatakan, peserta Jumbara berasal dari PMR Madya (setingkat SLTP) sebanyak 700 siswa dan dari PMR Wira (setingkat SLTA) sebanyak 680 siswa. 

"Para peserta didampingi pembina kontingen sebanyak 69 pembina dan 69 pimpinan kontingen," kata dia. 

BACA JUGA:Saat Puluhan Ibu-ibu Dharma Wanita Dindik Banyumas Ikuti Fashion Show Hari Ibu, Ini Gayanya

Ia menambahkan, kegiatan yang berlokasi di Volunteer Edu Park PMI Kabupaten Banyumas yang ada di Desa Banteran, Kecamatan Sumbang dilaksanakan selama empat hari dari 19-22 Desember. 

Lanjut, Jumbara sempat vakum pada 2020 lalu karena pandemi. Dan pada tahun 2021 dilaksanakan namun secara daring. (aam)

Ketua PMI : Jumbara Ajang Peningkatan Karakter 

Ketua PMI Kabupaten Banyumas Sadewo Tri Lastiono, meminta peserta Jumbara ke - XXVIII bisa mempunyai rasa kemanusiaan yang tinggi. 

"Tujuan umum Jumbara adalah  meningkatkan karakter kepalangmerahan, serta peran anggota PMR dalam penerapan Tri Bakti PMR dan sebagai Pendidik Sebaya, melalui pendekatan ketrampilan hidup," kata dia. 

BACA JUGA:Jelang Nataru, Harga Kebutuhan Pokok di Cilacap Merangkak Naik

Sedangkan untuk tujuan khusus ia sebut, bisa mengarahkan peserta untuk mampu mengaplikasikan Tujuh Prinsip Dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Jumbara didalamnya juga dilaksanakan berbagai macam lomba. Dari lomba tersebut menghasilkan beberapa pemenang antara lain, juara umum untuk PMR Madya adalah Juara umum 1 SMPN 2 Purwokerto, juara umum 2 SMPN 1 Banyumas dan juara umum 3 MTs Maarif NU2 Cilongok. Sebagai juara favorit untuk PMR Madya adalah SMPN 2 Sumbang.

BACA JUGA:Ribuan Barang Bukti Tindak Pidana di Musnahkan Kejari Purwokerto

Sedangkan untuk juara umum PMR Wira, juara umum 1 diraih SMKN 1 Banyumas, juara umum 2 SMAN 1 Banyumas dan juara umum 3 diraih SMAN 1 Sokaraja. Untuk juara favorit PMR Sira diraih SMK Bina Teknologi Purwokerto. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: