Pra RKA Rumah Singgah Karanglewas Rp 5,5 M

Pra RKA Rumah Singgah Karanglewas Rp 5,5 M

Ilustrasi kawasan karanglewas -Foto dok net -

PURWOKERTO- Pembangunan Rumah Singgah Karanglewas semakin dekat. Saat ini sudah muncul detail engineering design (DED), dan pra rencana kerja anggaran (RKA) Rp 5,5 miliar.

Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Rehabilitasi Sosial (PJRS) Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsospermades) Kabupaten Banyumas, Budi Suharianto mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi pada warga setempat, pada 4 November kemarin. Tepatnya di area eks Kawedanan Karanglewas.

"Kami undang perwakilan dua desa, yaitu Desa Pasir Lor yang ketempatan, dan desa Pasir Kulon yang terdekat," katanya.

Pada pertemuan tersebut disampaikan rencana pembangunan rumah singgah, yang ditujukan menampung pengemis, gelandangan, dan orang terlantar (PGOT), orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), serta lanjut usia (lansia) telantar.

Budi mengharapkan, tahun depan mulai proses pembangunan, melalui beberapa proses. Tentu saja yang pertama pembangunan fisik. Selanjutnya penyediaan sarana dan prasarana pendukung seperti tempat tidur, lemari, dan sebagainya.

"Akan ada bantuan 15 tempat tidur dari RSUD Banyumas," ujarnya.

Dan tidak kalah penting yaitu sumber daya manusia (SDM) yang memiliki jiwa sosial. Menurut Budi, rumah singgah bisa berjalan jika diakomodir melalui pekerja sosial, melalui relawan yang memiliki kepedulian. (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: