Bupati Husein Tekankan Guru Perkuat Karakter Diri Saat Pimpin Upacara HUT PGRI di Banyumas

Bupati Husein Tekankan Guru Perkuat Karakter Diri Saat Pimpin Upacara HUT PGRI di Banyumas

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein dalam upacara peringatan Hari Guru Nasional --

PURWOKERTO - Peringatan hari ulang tahun ke-77 PGRI bisa menjadi momentum bagi keluarga besar PGRI dan para pemangku kepentingan untuk lebih bekerja keras, bersinergi, dan lebih berkolaborasi, untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kabupaten banyumas.

Pun demikian saat Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein memimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-77 dan Hari Guru Nasional bertempat di lapangan SMA Negeri 2 Purwokerto, 25/11/2022.

Dalam upacara yang dihadiri oleh jajaran Forkopimda, dan diikuti oleh sejumlah peserta dari PGRI, KORPRI, PMR, Pramuka, OSIS dan peserta lainnya, Husein mengatakan peringatan hari ulang tahun ke-77 PGRI bisa menjadi momentum bagi keluarga besar PGRI dan para pemangku kepentingan untuk lebih bekerja keras, bersinergi, dan lebih berkolaborasi, untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kabupaten banyumas. 

"Apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya saya sampaikan kepada seluruh guru di wilayah Kabupaten Banyumas yang telah bekerja keras dan berjuang sekuat tenaga untuk memastikan anak-anak kita mendapatkan pendidikan yang sebaik-baiknya guna menyongsong masa depan yang gemilang," tegasnya.

Husein juga berharap, Guru dapat memperkuat karakter diri menjadi sosok guru yang lebih bertanggungjawab, disiplin, kompeten dan profesional, serta mampu menjadi figur-figur bersih dan terpuji karakternya, sehingga anak-anak kita akan mengingat, mengikuti, dan meneladani para guru sebagaimana akronim "Digugu lan Ditiru" yang selama ini disandang.

"Apabila karakter guru baik, Insya Allah PGRI mampu menjadi garda terdepan dalam rangka mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi insan-insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab," Ucapnya.

Selain itu, Husein juga mengingatkan terkait protokol kesehatan agar terus dilaksanakan mengingat keselamatan dan kesehatan anak didik, pendidik, dan tenaga kependidikan menjadi prioritas utama. Dengan kembali dibukanya sekolah pasca Pandemi Covid-19, diharapkan ketertinggalan capaian pembelajaran selama lebih dari dua tahun ini, dapat diperbaiki sehingga semangat belajar peserta didik kembali tinggi dan meningkat capaian kompetensinya.

Bertugas sebagai komandan upacara Anas Saeful Bastiar, guru SD N 1 Rejasari, pembaca sejarah singkat PGRI Sarno dari Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, pembaca Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 Tofik Hidayat, guru SD N 1 Kedungmalang dan petugas lainnya dari perwakilan guru-guru SD di Kabupaten Banyumas. (*/ttg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: