RDTR Sokaraja Dipaparkan di Kementerian, Jadi Kawasan Strategis Lintas Kabupaten

RDTR Sokaraja Dipaparkan di Kementerian, Jadi Kawasan Strategis Lintas Kabupaten

Wabup Banyumas Sadewo Tri Lastiono saat memaparkan RDTR Kawasan Perkotaan Sokaraja di Kementrian Agraria dan Tata Ruang (ATR), Senin (21/11).--

PURWOKERTO - Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono beserta jajaran pejabat Pemkab Banyumas memaparkan RDTR Kawasan Perkotaan Sokaraja pada Kementrian Agraria dan Tata Ruang (ATR), Senin (21/11). 

Sadewo menjelaskan, kawasan Sokaraja jadi kawasan perkotaan yang akan sangat mendukung pengembangan.

Penataan ruang Wilayah Perkotaan (WP) Sokaraja bertujuan mewujudkan Sokaraja sebagai Kota Transit pelayanan perkotaan dengan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berbasis pada sektor perdagangan skala Kabupaten, industri kecil, dan permukiman yang berkelanjutan

"Sokaraja menjadi kawasan strategis Kabupaten, sebab ada rencana jalur lingkar Selatan - Utara. Selain itu juga sebagai akses menuju Bandara," kata dia. 

Dari pola ruang, lanjut dia, pariwisata sebagai wisata kota kuliner dan buatan. Selain itu, pada industri kecil ada batik dan makanan khas Sokaraja. 

"Dari sisi pertahanan dan keamanan, berupa Korem dan Koramil," tuturnya. 

Sebelumnya, Kabid Penataan Ruang Dinperkim Kabupaten Banyumas Khelmy Tibyani mengatakan, Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Sokaraja dipaparkan ke  Kementrian ATR. Itu dimaksudkan agar  mendapat persetujuan substansi. 

"Tahun ini kalau lancar, bulan Desember Perbup sudah bisa ditetapkan untuk RDTR Sokaraja," tandasnya. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: