Sampah Residu Diarahkan Dibuat Rooster

Sampah Residu Diarahkan Dibuat Rooster

Contoh roster dari sampah residu disimpan di kantor DLH Kabupaten Banyumas, nantinya sampah residu diarahkan dibuat rooster, yang hasilnya tidak kalah bagus dengan bahan baku beton.-Foto Laily Media Y/Radar Banyumas -

PURWOKERTO- Pengolahan sampah di Kabupaten Banyumas terus ditingkatkan. Pemkab Banyumas melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyumas, akan mengarahkan sampah residu untuk dibuat rooster, yaitu penyekat antar ruang dengan lubang sirkulasi udara.

Sub Koordinator Peningkatan Kinerja Persampahan DLH Kabupaten Banyumas, Imam Pamungkas menyampaikan, sampah residu merupakan sampah yang tidak bisa didaur ulang. Berupa pakaian, puing bangunan, dan sebagainya.

"Harus jeli dalam pemilahan sampah," ujarnya.

Ke depannya hasil dari pengolahan sampah residu bisa dijadikan rooster. Diperlukan alat dan sustainable bahannya, agar tidak kesulitan mengolah jika bahannya selalu tersedia.

Imam mengatakan, kesulitan juga untuk proses penghancuran sampah residu. Dibutuhkan alat pirolisis. Sedangkan alat tersebut belum tersedia di semua tempat pembuangan sampah terpadu (TPST).

"Dari 28 TPST harus memusnahkan sampah residu, tetapi alatnya masih terbatas," katanya.

Dia optimis, jika dikelola serius, bisa mendatangkan investor turut serta produksi rooster. Hasilnya pun tidak kalah dari rooster yang terbuat dari beton. (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: