Setiap Desa Wisata Diharapkan Ada Homestay

Setiap Desa Wisata Diharapkan Ada Homestay

Salah satu homestay yang dikelola warga di Desa Wisata-Dinporabudpar Banyumas untuk Radar Banyumas-

PURWOKERTO- Kabupaten Banyumas saat ini memiliki 18 desa wisata. Untuk meningkatkan layanan pada wisatawan, salah satunya menyediakan homestay.

Adyatama Pariwisata Ekonomi Kreatif Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Bahrudin mengatakan, penyediaan homestay tidak perlu ada ijin, karena merupakan rumah warga. Dan sebelumya pihak desa wisata sudah melakuBACA JUGA:Pemekaran Desa, Wisata dan Wihara Disurvei pada Tinjauan Akademis di Watuagungkan maping.

"Itu beneran homestay dari rumah warga untuk tempat tinggal sementara wisatawan, bukan hotel," katanya.

Dia menuturkan, proses maping dilakukan untuk melakukan perjalanan dengan pemilik rumah. Apakah benar bersedia tempat tinggalnya digunakan untuk homestay.

BACA JUGA:Satu Keluarga Korban Rumah Tersambar Petir di Tumiyang Pekuncen Diberi Terapi Trauma Healing

Selain itu dilakukan uji kelayakan, dengan menilai lima area dari rumah yang akan dijadikan homestay. Dari ruang tamu, apakah pencahayaannya baik. Lalu kamar tidur yang dilengkapi tempat tidur, cermin, lemari, dan meja kecil.

"Tidak luput penilaian ruang makan, dapur, dan kamar mandi yang tentunya dilengkapi fasilitas terkait, serta terjaga kebersihannya," tuturnya.

BACA JUGA:Ngeri, Rumah Tersambar Petir di Tumiyang Pekuncen, Satu Keluarga Alami Luka hingga Gangguan Pendengaran

Dia menambahkan, uji kelayakan tersebut dalam bentuk form yang disediakan Dinporabudpar, yang diisi Pokja Desa Wisata setempat. Jika ada kekurangan dari uji kelayakan, bisa dilakukan perbaikan sampai layak. (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: