UIN Saizu Purwokerto Gelar Pendampingan Literasi Keuangan di Sunyalangu

UIN Saizu Purwokerto Gelar Pendampingan  Literasi Keuangan di Sunyalangu

Workshop literasi keuangan masyarakat desa sunyalangu.--

Banyumas, Radar Banyumas - Lembaga Penelititan dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri (Saizu) Purwokerto kembali melaksanakan program pengabdian masyarakat di Desa Sunyalangu, Kecamatan Karanglewas.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan oleh tim pengabdian pimpinan Dewi Laela Hilyatin, S.E, M.S.I selaku Koordinator Program Studi Ekonomi Syariah dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Saizu Purwokerto.

Bentuk kegiatan pengabdian masyarakat merupakan rangkaian kegiatan akademik berupa pemetaan masalah dan potensi di Desa Suyalangu dan pembinaan pengelolaan keuangan melalui Focus Group Discussion (FGD) keuangan.

Pemerintah desa, karang taruna dan masyarakat penerima Program Keluarga Harapan (PKH)  Desa Sunyalangu secara intensif selama bulan Oktober dan November 2022 melalui tiga tahapan FGD, mendapatkan pengetahuan terapan seputar pengelolaan keuangan dengan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development).

Kegiatan pengabdian masyarakat dengan tajuk literasi keuangan masyarakat ini bertujuan memberikan literasi keuangan kepada masyarakat, khususnya penerima PKH serta wawasan financial fraud yang dilakukan oleh para renternir dan koperasi illegal.

Dalam agenda FGD tersebut, Dewi Laela Hilyatin, S.E, M.S.I menyampaikan “Bahwa perlu selalu dilakukan upaya pendampingan publik guna memastikan keberhasilan program-program pemerintah di bidang kesejahteraan masyarakat. Pemetaan masalah, wawasan literasi dan pendampingan melalui pendekatan akademik seperti Asset Based Community Development (ABCD) akan sangat membantu para stakeholders. Dalam hal ini, kalangan akademisi tidak boleh berpangku tangan dan mengambil bagian dalam bentuk pengabdian masyarakat sebagai implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Terlebih, Desa Sunyalangu merupakan percontohan Desa Inklusi yang dicanangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Purwokerto semenjak tahun 2021”. (boy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: