Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Purbalingga Menurun Sejak Agustus Lalu, Ini Penyebabnya

Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Purbalingga Menurun Sejak Agustus Lalu, Ini Penyebabnya

Wahana baru Goles atau ‘Gombang Leleson di objek wisata Owabong Waterpark.-DOK RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di Kabupaten PURBALINGGA menurun sejak bulan Agustus 2022 lalu.

Hal itu diakui oleh Kepala Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten PurbaIingga Gunanto Eko Saputro kepada Radarmas, Jumat, 28 Oktober 2022.

Menurut alumni SMAN 1 Purbalingga ini, penurunan jumlah kunjungan wisatawan sejak Agustus lalu merupakan siklus normal yang berulang setiap tahun.

BACA JUGA:Tebing di Majenang Longsor, Akses Ekonomi Tiga Desa Terganggu

"Agustus (jumlah kunjungan wisatawan) turun, hal itu merupakan siklus normal. karena Agustus itu setiap RT membuat kegiatan setiap hari Sabtu dan Minggu dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI," jelasnya.

Sedangkan, untuk bulan September dan Oktober jumlah wisatawan menurun, karena pada momen bulan tersebut merupakan musim hujan dengan curah hujan tinggi.

Sehingga, banyak wisatawan yang akhirnya membatalkan rencananya berwisata di Purbalingga.

BACA JUGA: Kurikulum Merdeka, PKL Kecipratan Rezeki

"Secara statistik kunjungan turun," katanya tanpa menyebut berapa penurunan kunjungan wisatawan tersebut.

Sebelumnya Kepala Dinporapar Kabupaten Purbalingga Prayitno menyebutkan, menurut data Dinporapar Provinsi Jateng, jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Purbalingga pada Januari-Agustus 2022 mencapai 1.607.716 orang.

Kabupaten Purbalingga menargetkan kunjungan wisata pada tahun ini sebanyak 1.850.000 orang. 

BACA JUGA:2.037 Anggota Parpol yang Harus Dilakukan Verfak Selesai 31 Oktober

Ditambahkan, saat ini Purbalingga memiliki 24 desa wisata yang sudah ditetapkan dengan Surat Keputusan (SK) bupati, dan 89 daya tarik wisata yang dikelola BUMD, BUMDes, Pokdarwis, serta swasta. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: